Eco RunFest 2023, Pertamina Bawa Semangat Sehat dan Cinta Lingkungan

Eco RunFest 2023 diikuti lebih dari 10 ribu peserta

Jakarta, IDN Times -- Wajah Stadion Gelora Bung Karno (GBK) berbeda Minggu pagi, 26 November 2023. Sejak sebelum Subuh, kawasan GBK dan sekitarnya sudah dipenuhi ribuan orang. Tujuannya satu, menuju garis start Eco RunFest 2023, untuk memulai lomba.

Menyambut HUT Pertamina ke-66 yang jatuh pada 10 Desember 2023, Pertamina menggelar edisi kesepuluh Eco RunFest pada Minggu, 26 November 2023. Satu dekade penyelenggaraannya, Pertamina Eco RunFest 2023 mengusung semangat Sustainable Lifestyle.

Pada edisi kali ini, Pertamina Eco RunFest 2023 menggelar lomba untuk 4 kategori, yaitu: 1.5K Family Run, 5K Fun Run, 10K Race dan 21K Half Marathon. 

1. Diikuti lebih dari 10.000 peserta

Eco RunFest 2023, Pertamina Bawa Semangat Sehat dan Cinta LingkunganPeserta Pertamina Ecorunfest 2023 memadati ruas jalan seusai melewati garis start pada acara “Eco RunFest 2023 Energizing Your Move” yang diselenggarakan di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Minggu (26/11/2023). (Dok. Pertamina)

Event tahunan yang digelar Pertamina ini banjir peminat. Bahkan, sebulan sebelum acara dihelat, tiket sudah habis terjual. Peserta terbanyak adalah kategori 5k sebanyak 6.000 peserta, disusul kategori 10k yang diiukti 2.205 peserta, kategori 1,5k sebanyak 1.350 peserta dan half marathon diikuti 445 peserta baik umum maupun master. 

Pada hari H lomba, peserta kategori 21k memulai lomba pukul 05.15, berangsur diikuti peserta kategori lainnya. Direktur Utama Pertamina beserta jajaran hadir langsung memimpin Flag Off lomba. Peserta pun berhamburan lari sekuat tenaga untuk mendapatkan hasil terbaik.

2. Dimeriahkan selebritas dan atlet

Eco RunFest 2023, Pertamina Bawa Semangat Sehat dan Cinta LingkunganSalah satu legenda sepak bola Indonesia, Bambang Pamungkas, meramaikan gelaran Pertamina Eco Run Fest 2023. (IDN Times/Ahmad Faisal

Selain diikuti pecinta lari, Pertamina Eco Run Fest 2023 juga diikuti selebritas, bahkan atlet kenamaan. Misalnya saja, aktris Aurélie Moeremans, Nadila Ernesta, dan Melanie Putria. Melanie Putria mengaku antusias mengikuti Eco Run Fest 2023.

"Gak sabar banget lari di Eco Run Fest 2023. Kenapa? Karena, ini Eco Run Fest 2023 ini, dari dulu, dari awal sampai sekarang, satu-satunya event yang concern pada isu peduli lingkungan. Jadi, semuanya diedukasi untuk paham bahwa kita bukan sekadar berlari untuk hidup sehat, tapi juga untuk cinta lingkungan," kata Melanie Putria, yang mengikuti kelas 5k. 

Ada pula mantan pemain timnas sepak bola Indonesia, Bambang Pamungkas, yang mengikuti kelas 5k. Bambang mengaku senang mengikuti event yang sudah 

"Ya, seru banget ya, saya bisa lari 5 km dengan begitu banyak orang. Lari di jalan raya, tadi sempat foto-foto juga, seru, dan cukup menegangkan ya. Karena, walaupun saya dulu atlet, tapi kan saya sudah lama ga aktif. Dan, alhamdulillah saya bisa menyelesaikan 5 km dengan baik," kata Bambang.

3. Begini kata pemenang Pertamina Eco Run Fest 2023

Eco RunFest 2023, Pertamina Bawa Semangat Sehat dan Cinta LingkunganPenyerahan hadiah secara simbolik kepada pemenang kategori 10K Pertamina Eco Run Fest 2023. (IDN Times/Ahmad Faisal)

Pertamina Eco Run Fest 2023 menyisakan cerita bagi setiap peserta, termasuk para pemenang lomba. Seperti halnya Hamdan Sayuti dari Sijunjung, Sumatra Barat, yang berhasil menyabet Juara3 kategori 21k Half Marathon. Hamdan mengaku senang dan bangga karena menjadi salah satu juara.

"Alhamdulillah, pada kesempatan lomba hari ini, saya senang sekali. Karena dari pertama start sampai finish, event-nya tertata rapi, dari segi pendaftaran sangat bagus," ujar Hamdan.

Lain lagi Emmanuel L, dari Cilodong, Depok, yang merasakan rute lari yang luar biasa sehingga memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

"Semoga event ini terus berlanjut dan kategori lari diperbanyak lagi," kata Emmanuel. (WEB)

Baca Juga: Perluas Program BBM Satu Harga, Pertamina Tambah 51 Lembaga Penyalur

Topik:

  • Ahmad Faisal

Berita Terkini Lainnya