Hutama Karya Ajak UMK Binaan ke INACRAFT, Dorong Perluasan Pasar

Diharapkan pelaku UMK binaan Hutama Karya bisa go global

Jakarta, IDN Times -- PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), yaitu HK Peduli Kreatif, mengikutsertakan dua pelaku usaha, mikro, dan usaha kecil (UMK) unggulan, yaitu KINNI Store dari Kalimantan Selatan dan kerajinan Ogan Ilir dari Sumatra Selatan dalam ajang pameran The Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) yang bertajuk "INACRAFT on October 2023” di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Pameran yang berlangsung sejak Rabu (4/10) hingga Minggu (8/10) mendatang, dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Sebagai salah satu ajang pameran kerajinan terbesar di Asia Tenggara, merupakan kesempatan sekaligus wadah bagi pelaku UMK binaan Hutama Karya untuk mengenalkan produk-produk unggulannya kepada masyarakat baik di dalam negeri maupun luar negeri sekaligus sebagai ajang untuk memperluas pangsa pasar internasional.

1. Bentuk komitmen Hutama Karya dalam mendukung dan memajukan pelaku UMK di Indonesia

Hutama Karya Ajak UMK Binaan ke INACRAFT, Dorong Perluasan PasarHutama Karya mengikutsertakan UMK binaannya dalam ajang pameran The Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) yang bertajuk "INACRAFT on October 2023” di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. (Dok. Hutama Karya)

Di kesempatan yang sama, Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga, berkesempatan mengunjungi booth Hutama Karya yang tergabung di dalam booth Paviliun Rumah BUMN.

“Saya mengapresiasi atas upaya Hutama Karya dalam memberdayakan UMK di sekitar JTTS agar mampu bersaing di pasar global,” ujar Arya.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, mengatakan bahwa Hutama Karya dalam ajang ini menghadirkan KINNI Store dengan produk utama kain Sasirangan khas Kalimantan Selatan serta produk lainnya seperti syal, tas, kemeja, kaos hingga masker yang juga berbahan dasar kain tersebut.

Selain itu, mitra binaan dari Ogan Ilir Sumatra Selatan yang juga memamerkan produk unggulannya, seperti Kain Gebeng Maju Berjaya, beberapa kerajinan logam, yaitu Apika Silver dengan produk aneka perhiasan perak serta Kelompok Usaha Bersama (KUB) Usang Sungging dengan kerajinan perabotan berbahan tembaga dan aluminium.

“Partisipasi Hutama Karya dalam pameran INACRAFT ini merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam mendukung dan memajukan pelaku UMK di Indonesia dengan memberikan peluang dalam mengembangkan bisnis mereka,” ujar Tjahjo.

Baca Juga: Renovasi Dua Poliklinik di RSCM, Sebagai Bentuk Komitmen Hutama Karya

2. Kedua mitra binaan dipilih karena memiliki produk khas yang mewakili daerah masing-masing

Hutama Karya Ajak UMK Binaan ke INACRAFT, Dorong Perluasan PasarHutama Karya mengikutsertakan UMK binaannya dalam ajang pameran The Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) yang bertajuk "INACRAFT on October 2023” di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. (Dok. Hutama Karya)

Lebih lanjut, Tjahjo mengatakan bahwa kedua mitra binaan tersebut dipilih untuk mengikuti ajang ini karena memiliki produk khas yang mewakili daerah mereka masing-masing dengan kualitas serta potensi nilai jual yang baik. Di samping itu, Hutama Karya akan terus konsisten dalam menjalankan serangkaian program mandiri serta mengembangkan usaha bisnisnya menjadi lebih besar serta mampu menembus pasar ekspor.

“Seluruh produk yang mereka hasilkan merupakan hasil dari buatan tangan dan kreativitas masing-masing sehingga harapan dan target dari keikutsertaan acara ini adalah dapat menarik pengunjung sebanyak-banyaknya yang kemudian menciptakan keuntungan baik berupa promosi maupun transaksi produk,” ujar Tjahjo.

Hutama Karya telah melakukan program binaan kepada kedua mitra UMK sejak 2020, yaitu berupa pendampingan usaha untuk inovasi produk, bisnis, dan pemasaran serta aktif melibatkan di berbagai ajang pameran. Saat ini, usaha keduanya semakin berkembang dan mengalami peningkatan keuntungan sebesar 10-20 persen dari sebelumnya.

3. Hutama Karya mengajak seluruh masyarakat untuk datang dan meramaikan pameran INACRAFT 2023

Hutama Karya Ajak UMK Binaan ke INACRAFT, Dorong Perluasan PasarHutama Karya mengikutsertakan UMK binaannya dalam ajang pameran The Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) yang bertajuk "INACRAFT on October 2023” di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. (Dok. Hutama Karya)

Di sisi lain, Yanty Susanti Tanjung selaku pemilik KINNI Store mengaku bangga produknya dapat ikut serta dalam ajang ini sekaligus berterima kasih kepada Hutama Karya atas kesempatan yang telah diberikan kepada mereka.

“Sebagai minta binaan, kami didukung penuh oleh Hutama Karya khususnya dalam keterlibatan di INACRAFT 2023 yang kami manfaatkan sebagai ajang interaksi dan pertukaran informasi mengenai tren kerajinan serta meningkatkan aktivitas penjualan produk kami,” ujar Yanty.

Sebagai catatan, sepanjang 2023 Hutama Karya bersama kedua mitra binaan telah mengikuti beberapa ajang pameran, di antaranya SME’s HUB yang merupakan kegiatan tambahan dalam perhelatan KTT ASEAN 2023 yang di gelar di Marina Waterfront Labuan Bajo pada bulan Mei serta INACRAFT 2023.

Sejauh ini, antusiasme positif para pengunjung booth Hutama Karya cukup dirasakan serta menunjukkan minat yang tinggi terhadap produk-produk yang dipamerkan dan diharapkan terus meningkat sampai dengan hari terakhir pelaksanaan.

Hutama Karya mengajak seluruh masyarakat untuk datang dan ramaikan pameran INACRAFT 2023 serta kunjungi booth Hutama Karya yang berada di Lobi Hall A, Booth Paviliun Rumah BUMN. Dengan kehadiran dan partisipasi para pengunjung, dapat menjadi bentuk dukungan terhadap kemajuan industri kerajinan dan bangga atas buatan Indonesia. (WEB)

Baca Juga: Hutama Karya Hadir di BUMN Goes To Campus ITB

Topik:

  • Ahmad Faisal

Berita Terkini Lainnya