Sukses dalam Transformasi Bisnis, Pos Indonesia Raih Penghargaan Ini

PT Pos Indonesia menjalankan trasnformasi sejak 2020

Jakarta, IDN Times -- PT Pos Indonesia (Persero) terus menorehkan berbagai prestasi berkat langkah transformasi yang dilakukan perseroan. Terbaru, Pos Indonesia menerima penghargaan dalam ajang Prominent Award 2023.

Pada ajang tersebut, Pos Indonesia dinobatkan sebagai kategori The Most Prominent State-Owned Company In Business Process Transformation. Penghargaan tersebut diterima Corporate Secretary Pos Indonesia, Tata Sugiarta, di Studio Grand Metro TV, Jakarta, pada Jumat, 22 September 2023.

"Alhamdulillah, kita meraih award ini. Keren sekali acaranya. Memang meraih penghargaan ini tidak mudah. Kami berjuang terutama dalam dua tahun terakhir, dengan hantaman COVID-19 dan sebagainya, kita bisa survive. Terutama kami melakukan transformasi dengan menghasilkan net income terbesar selama berdirinya PT Pos Indonesia," ujar Tata.

1. Pos Indonesia mendapatkan penghargaan karena transformasi yang dilakukan membuat bisnis perseroan terus berkembang

Sukses dalam Transformasi Bisnis, Pos Indonesia Raih Penghargaan IniPada ajang tersebut, Pos Indonesia dinobatkan sebagai kategori The Most Prominent State-Owned Company In Business Process Transformation. Penghargaan tersebut diterima Corporate Secretary Pos Indonesia, Tata Sugiarta, di Studio Grand Metro TV, Jakarta, pada Jumat, 22 September 2023. (Dok. PT Pos Indonesia)

Tata menyampaikan ucapan terima kasih kepada Metro TV dan penyelenggara Prominent Award tahun ini. "Jadi, sekali lagi, terima kasih kepada Metro TV dan penyelenggara Prominent Award tahun ini. Kami tunggu Prominent Award tahun depan," katanya.

Pos Indonesia mendapatkan penghargaan tersebut karena transformasi yang dilakukan sehingga membuat bisnis perseroan terus berkembang. Pos Indonesia mencatatkan laba bersih terbesar sepanjang sejarah berdirinya, sebesar Rp650 miliar pada tahun buku 2022. Asetnya pun naik 15,1 persen menjadi Rp11,149 triliun dan EBITDA naik 12 persen dibandingkan tahun 2021.

"Transformasi yang dilakukan pertama adalah transformasi dilakukan dalam proses bisnis. Kuncinya digitalisasi. Dengan digitalisasi ini, semua proses dilakukan secara digital, terukur, dan good governence. Semuanya menghasilkan hasil yang pertama meningkatkan kinerja keuangan dan tentu saja meningkatkan bisnisnya," kata Tata.

Baca Juga: Pos Indonesia Kembali Salurkan Bansos PKH Tahap 3 di Daerah 3T NTT 

2. PT Pos Indonesia menjalankan 7 transformasi usaha

Sukses dalam Transformasi Bisnis, Pos Indonesia Raih Penghargaan IniPada ajang tersebut, Pos Indonesia dinobatkan sebagai kategori The Most Prominent State-Owned Company In Business Process Transformation. Penghargaan tersebut diterima Corporate Secretary Pos Indonesia, Tata Sugiarta, di Studio Grand Metro TV, Jakarta, pada Jumat, 22 September 2023. (Dok. PT Pos Indonesia)

Tata menyebut, banyak transformasi yang dilakukan PT Pos Indonesia, terutama transformasi SDM dan human capital. Karena transformasi SDM dan human capital ini, kata dia, Pos Indonesia memiliki kurang lebih 30 ribu head account di seluruh Indonesia.

Ke depan, inovasi-inovasi baru akan terus dilakukan oleh PT Pos Indonesia untuk dapat beradaptasi dengan pesatnya kemajuan teknologi dan perkembangan zaman. Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tertua di Indonesia, PT Pos Indonesia sadar harus terus berinovasi untuk dapat bertahan dalam mengarungi era digital seperti yang terjadi saat ini.

Pada 2020, PT Pos Indonesia yang bergerak dalam layanan logistik ini, menerapkan tujuh transformasi usaha, yaitu business transformation, product and channel transformation, transformation process, technology transformation, human resource transformation, organization transformation, dan culture transformation.

3. Pos Indonesia diganjar Prominent Award 2023 karena memenuhi sejumlah kriteria ini

Sukses dalam Transformasi Bisnis, Pos Indonesia Raih Penghargaan IniPos Indonesia menerima penghargaan dalam ajang Prominent Award 2023. (Dok. PT Pos Indonesia)

Pos Indonesia yang pada 2023 melakukan penyegaran dengan branding baru, yaitu "Pos Ind Logistik Indonesia". Pos Ind Logistik Indonesia akan menjadi wajah baru dalam pelayanan Pos Indonesia ke depan sekaligus menjadi langkah nyata transformasi Pos Indonesia menuju BUMN Logistik.

Salah satu langkah yang menjadi andalan PT Pos Indonesia saat ini adalah superapp Pospay. Sebuah aplikasi yang mampu mengakomodasi kebutuhan masyarakat, akan layanan jasa keuangan yang cepat dan aman.

Prominent Awards diselenggarakan oleh Metro TV dan Solutee.Id dan dibuka oleh Don Bosco Salamun selaku Direktur Utama Metro TV. 

"Malam ini kami memberikan apresiasi kepada perusahaan dan lembaga yang benar-benar prominent, sangat unggul, menonjol, dan terkemuka. Penghargaan diberikan untuk level korporasi dan foundation yang telah berhasil memberikan dampak besar kepada masyarakat maupun bangsa," ujar Direktur Utama Metro TV, Don Bosco Salamun. 

Pada kesempatan yang sama, Arief Hidayat Thamrin selaku CEO Solutee.Id menambahkan bahwa perhelatan ajang penghargaan ini menjadi terobosan baru yang unik. Hingga pada penentuan para pemenangnya pun melalui kriteria yang cukup ketat.

"Prominent Awards ini unik, karena sebagai satu-satunya penghargaan yang merangkum tiga bidang, yaitu prestasi BUMN, emiten, dan program CSR,” kata Arif Thamrin.

Beberapa kriteria lain yang menjadi penegas Pos Indonesia berhak diganjar Prominent Award 2023, di antaranya, yaitu: dalam bidang human capital. Langkah digitalisasi yang dilakukan di bidang human respurces, people analytic, capacity planning, digital talent, learning development, dan knowledge management berhasil memajukan kualitas sumber daya manusia di PT Pos Indonesia (Persero). 

Prestasi yang patut dibanggakan dari BUMN logistik ini adalah apresiasi dari Presiden RI kepada Pos Indonesia dalam penyaluran bantuan sosial berupa BLT (bantuan langsung tunai. (WEB)

Baca Juga: Percepat Distribusi Bansos, Pos Indonesia Dahulukan Wilayah 3T

Topik:

  • Ahmad Faisal

Berita Terkini Lainnya