FIFA U-17 World Cup 2023 Dihelat, Telkom Siapkan Konektivitas Andal

Telkom pastikan kesiapan infrastruktur dan personel

Jakarta, IDN Times -- Turnamen sepak bola berskala internasional, FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023, akan segera digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023 mendatang. Sebanyak 24 negara akan mengikuti pertandingan yang berlangsung di empat stadion besar Indonesia, yaitu Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Surakarta), Jakarta International Stadium (Jakarta), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya). 

Sebagai BUMN sekaligus digital telco terdepan di Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) turut berkontribusi mendukung semarak kesuksesan penyelenggaraan gelaran tersebut melalui  penyediaan infrastruktur jaringan telekomunikasi dan layanan terbaik.  

“Sebuah kehormatan bagi Telkom untuk dapat kembali berkontribusi menyediakan fasilitas infrastruktur jaringan telekomunikasi di ajang bertaraf internasional, khususnya di turnamen FIFA U-17 World Cup. Tentunya Telkom senantiasa berkomitmen untuk memberikan layanan digital connectivity terbaik agar para peserta maupun penonton lokal dan mancanegara dapat merasakan kenyamanan selama mengikuti turnamen ini. Event ini menjadi momentum bagi Indonesia untuk mendapatkan pengakuan dunia untuk  penyelenggaraan pertandingan bola di tanah air,” ujar Direktur Network & IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko.

1. Telkom menyediakan layanan digital connectivity di empat stadion dengan total bandwidth 14,2 Gbps

FIFA U-17 World Cup 2023 Dihelat, Telkom Siapkan Konektivitas AndalDirektur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko (sisi kiri, tengah) bersama jajaran senior leaders TelkomGroup mengecek kesiapan teknisi & petugas lapangan dalam Apel Kesiapan Kerja TelkomGroup untuk event Turnamen Dunia FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023, di Jakarta Senin (6/11). (Dok. Telkom)

Telkom menyediakan layanan digital connectivity di empat stadion dengan total bandwidth 14,2 Gbps, yang terdiri atas Astinet berkapasitas 3,4 Gbps di masing-masing stadion dan 600 Mbps di FIFA Office serta total 182 titik Access Point Wi-Fi. 

Telkomsel sebagai anak usaha Telkom turut menyediakan Jaringan Hyper 5G Telkomsel dengan dukungan 47 unit BTS 5G yang menjangkau seluruh kawasan stadion dan lokasi pendukung Piala Dunia U-17. Selain itu, juga terdapat dukungan 97 unit BTS 4G/LTE serta optimalisasi pada lebih dari 1.300 unit BTS 4G/LTE, 2 unit BTS COMBAT, dan 28 unit BTS EasyMacro.

Baca Juga: Wujudkan Pemerataan Konektivitas Digital di 3T, Telkom Lakukan Ini

2. Telkom juga menyediakan infrastruktur dual homing access di setiap stadion dengan kapasitas 2 x 10 Gbps

FIFA U-17 World Cup 2023 Dihelat, Telkom Siapkan Konektivitas AndalIlustrasi pekerja Telkom. (Dok. Telkom Indonesia)

Seluruh infrastruktur dan layanan yang dihadirkan TelkomGroup disiapkan dengan capacity, diversity dan cyber security yang excellent, di antaranya melalui penyediaan backup jaringan melalui infrastruktur gateway internasional via dua gerbang komunikasi (gateway) berbeda, yaitu Batam dan Manado. Selain itu, tersedia dukungan dua infrastruktur backbone fiber optik, yakni Indonesia Global Gateway dan Jember-Denpasar Cable System dengan total kapasitas 1.460 Gbps dan puncak trafik pada 517 Gbps  (35 persen).

Telkom juga menyediakan infrastruktur dual homing access di setiap stadion dengan kapasitas 2 x 10 Gbps di setiap stadion serta dilengkapi dengan cyber security yang didukung sistem DDoS Protection  dan Firewall di setiap stadion. Guna memastikan sistem redudansi infrastruktur dan layanan pendukung  serta kesiapan seluruh infrastruktur, TelkomGroup melaksanakan serangkaian rehearsal test, baik di sisi  backbone, DEFA, dan lastmile yang puncaknya akan dilaksanakan pada 6 November.  

3. Telkom juga menyiapkan posko untuk pengawalan layanan selama event berlangsung

FIFA U-17 World Cup 2023 Dihelat, Telkom Siapkan Konektivitas AndalIlustrasi pekerja Telkom Indonesia. (Dok. Telkom Indonesia)

Guna memastikan kesiapan dan kualitas layanan telekomunikasi digital selama masa persiapan serta pelaksanaan pertandingan, Telkom menyelenggarakan Kick Off Satgas TelkomGroup untuk FIFA U-17  World Cup Indonesia 2023 yang dipimpin langsung oleh Direktur Network & IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko, berlokasi di Witel Jakarta Utara (6/11/2023). Kegiatan tersebut sekaligus untuk meninjau kesiapan infrastruktur jaringan serta para petugas lapangan. 

Dalam sambutannya, Herlan menyampaikan Telkom telah menyiapkan seluruh infrastruktur maupun layanan di empat stadion di Jakarta, Bandung, Surakarta, dan Surabaya. “Telkom akan melakukan rehearsal (pengetesan final) untuk memastikan seluruh infrastruktur dan services dapat berfungsi dan digunakan dengan baik oleh seluruh stakeholders. Telkom juga menyiapkan posko untuk pengawalan layanan selama event berlangsung,” ujar Herlan. 

Telkom menyiapkan posko TelkomGroup yang bertugas 7x24 jam untuk mengawal kelancaran dan  keandalan jaringan telekomunikasi selama turnamen berlangsung dengan lebih dari 200 anggota tim yang  memastikan kualitas jaringan telekomunikasi yang disediakan. Keseluruhan anggota tersebut tersebar di posko pusat, regional, hingga posko operasional di setiap stadion.  

Herlan berharap para teknisi dapat mengawal dengan optimal dan senantiasa memastikan seluruh layanan dapat dinikmati oleh para stakeholder, termasuk pengunjung, serta awak media. 

“Sejalan dengan semangat Telkom dalam mendorong terciptanya masa depan Indonesia yang lebih baik, Telkom berkomitmen mendukung suksesnya penyelenggaraan turnamen dunia FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023 melalui kualitas serta keandalan infrastruktur telekomunikasi yang disediakan yang  didukung oleh para talenta berkapabilitas mumpuni,” kata Herlan. (WEB) 

Baca Juga: Sabet 2 Penghargaan di AMH 2023, Telkom Komitmen Percepat Digitalisasi

Topik:

  • Ahmad Faisal

Berita Terkini Lainnya