Ahmad Muzani Gantikan Edhy Prabowo Jadi Ketua Fraksi Gerindra

Edhy Prabowo resmi jadi Menteri Kelautan dan Perikanan

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, Gerindra menunjuk Ahmad Muzadi untuk menggantikan Edhy Prabowo sebagai Ketua Fraksi Partai Gerindra di DPR RI, Kamis (24/10).  Hal tersebut berkaitan dengan telah dilantiknya Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan oleh Presiden Joko 'Jokowi' Widodo di Istana Negara pada, Rabu (23/10).

"Pimpinan Fraksi Partai Gerindra DPR RI seperti yang sudah disampaikan oleh Prabowo yaitu Ketua Fraksi Ahmad Muzani dan Sekretaris Fraksi Desmond J Mahesa," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta pada, Kamis (24/10).

1. Fraksi Gerindra telah menempatkan kader di AKD

Ahmad Muzani Gantikan Edhy Prabowo Jadi Ketua Fraksi GerindraIDN Times / Irfan Fathurohman

Seperti dikutip dari Antara, dia menjelaskan, Fraksi Partai Gerindra juga telah menempatkan para kadernya di Pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD). "Kami sudah menempatkan kader di AKD," ujar Dasco.

Ia mengatakan, untuk posisi Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) diduduki oleh Fadli Zon. Sedangkan, posisi Ketua Badan Legislasi (Baleg) dipegang oleh Supratman Andi Agtas.

Baca Juga: Gantikan Eks Menteri Susi Pudjiastuti, Ini Sosok Edhy Prabowo

2. Dasco menjamin AKD akan efektif bekerja pekan depan

Ahmad Muzani Gantikan Edhy Prabowo Jadi Ketua Fraksi GerindraIDN Times / Irfan Fathurohman

Dasco yang merupakan Wakil Ketua DPR RI,  memastikan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) akan efektif bekerja pada pekan depan. "Setelah pekan lalu dibentuk, pekan depan akan efektif bekerja," ujar Dasco.

Selain itu, Dasco juga menyebutkan pimpinan Komisi di DPR seperti, Pimpinan Komisi III adalah Desmond J Mahesa dan Pimpinan Komisi IV Budi Djiwandono. "Pimpinan Komisi V Ahmad Riza Patria, Pimpinan Komisi VI Mohammad Haekal, Pimpinan Komisi I Bambang Kristiono, Pimpinan Komisi VII Gus Irawan Pasaribu, dan Pimpinan Komisi VIII Laksamana Moekhlas Sidik," ujarnya.

3. Edhy Prabowo telah resmi gantikan Susi di Kementerian Kelautan dan Perikanan

Ahmad Muzani Gantikan Edhy Prabowo Jadi Ketua Fraksi GerindraKetua Umum Partai Gerindra Prabowo (kiri) didampingi Wakil Ketua Umum Edhy Prabowo berjalan memasuki kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10). Edhy Prabowo (kanan) ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Wakil Ketua Partai Gerindra, Edhy Prabowo resmi diumumkan sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, menggantikan Susi Pudjiastuti pada Kabinet Kerja jilid II. Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengumumkan nama-nama menterinya di Veranda, Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10). 

Sebelumnya, Edhy sempat disebut-sebut akan menduduki Menteri Pertanian (Mentan) menggantikan Amran Sulaiman. Namun, saat ini dirinya telah resmi menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan. 

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Yakin Kementerian KKP Maju di Tangan Edhy Prabowo

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya