Densus 88 Tangkap Seorang Terduga Teroris di Palembang

Terduga teroris kemungkinan masuk jaringan JI

Jakarta, IDN Times - Detasemen khusus 88 menangkap seorang laki-laki terduga teroris berinisial AD (41) di Komplek Perumnas Talang Kelapa Kecamatan Alang-Alang Lebar Kota Palembang, Sumatera Selatan, Senin malam, 30 November 2020.

"Ya betul seorang laki-laki, Polda Sumsel hanya back up saja, sudah dibawa Densus 88 ke Jakarta," kata Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Hendri seperti dikutip dari ANTARA, Selasa (1/12/2020).

Baca Juga: Polri: Kelompok Teroris MIT Bergerak di 3 Pegunungan dan Hutan

1. Terduga teroris kemungkinan masuk jaringan JI

Densus 88 Tangkap Seorang Terduga Teroris di PalembangIlustrasi ISIS (IDN Times/Arief Rahmat)

Terkait afiliasi jaringan, Eko menjelaskan, kemungkinan terduga teroris itu masuk jaringan Jamaah Islamiyah (JI). Meskipun hingga kini belum dapat dipastikan keterkaitannya dengan JI di Lampung, karena masih dalam pengembangan.

"Penangkapan terduga teroris itu dilakukan dalam dua kali penggeledahan, pertama pada pukul 16.00 WIB dan disusul pada malam hari," ujarnya.

2. Awalnya warga tidak menyadari penggeledahan pada rumah terduga teroris

Densus 88 Tangkap Seorang Terduga Teroris di PalembangIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Salah seorang tetangga terduga teroris, Abudrohaman, mengatakan bahwa penggeledahan pertama dikira hanya masalah telepon genggam. Hal itu karena petugas yang datang tidak terlalu banyak.

"Karena rumahnya (terduga) memang ada counter HP," ujar Abdurohman.

Namun, pada malam hari penggeledahan dilakukan petugas berseragam dan bersenjata serta warga tidak diizinkan mendekati TKP. 

"Petugas membawa seseorang dan beberapa bungkusan," tuturnya.

3. Terduga teroris dikenal baik dan tidak memiliki gelagat mencurigakan

Densus 88 Tangkap Seorang Terduga Teroris di PalembangIlustrasi Densus 88 menggerebek terduga teroris. ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Abdurohman mengaku, keluarga yang tinggal di rumah yang digeledah dikenal baik dan tidak memiliki gelagat mencurigakan. Ia juga mengatakan bahwa anak dan istri terduga tidak ikut dibawa oleh petugas.

"Dia (terduga) sudah lama tinggal di sini dan setahu kami orangnya ramah," kata dia.

Baca Juga: Terduga Teroris Kelompok JI Ditangkap Densus 88 di Lebak 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya