Di Tengah Wabah Virus Corona, Wapres Imbau Umat Muslim Percepat Zakat

Zakat bisa menjadi sumber bantuan dana untuk warga miskin

Jakarta, IDN Times – Di tengah pandemik virus corona atau COVID-19 di tanah air, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengimbau agar umat muslim di Indonesia mempercepat pelaksanaan zakat. Sebab, kata dia, zakat bisa menjadi sumber bantuan dana untuk masyarakat miskin dalam menghadapi wabah virus corona.   

“Ini sangat tepat sekali, bagi orang-orang kaya mengeluarkan zakat setiap Ramadan sebaiknya dimajukan waktunya dan pada sekarang ini, masyarakat sekarang sangat membutuhkan,” ujar Ma’ruf saat rapat terbatas melalui teleconference di Jakarta, Selasa (31/3).

1. Amil zakat pusat dan daerah diminta segera lakukan pemungutan

Di Tengah Wabah Virus Corona, Wapres Imbau Umat Muslim Percepat ZakatIDN Times/Debbie Sutrisno

Untuk mendukung kegiatan zakat tersebut, Ma’ruf meminta kepada amil zakat di pusat sampai amil zakat daerah untuk melakukan pemungutan zakat. Dengan demikian, penyaluran zakat kepada pihak yang membutuhkan pun dapat segera dilakukan.

“Baik amil zakat pusat atau daerah supaya ya segera melakukan upaya untuk pemungutan zakat dan pengumpulan zakat dan dimulai pada saat ini untuk segera bisa diberikan kepada mereka yang membutuhkan,” tuturnya.

Baca Juga: Ma’ruf Amin: Tokoh Agama Harus Ajak Masyarakat Taati Seruan Pemerintah

2. Bukan hanya zakat, Ma’ruf juga anjuran umat muslim melakukan infaq untuk membantu sesama

Di Tengah Wabah Virus Corona, Wapres Imbau Umat Muslim Percepat ZakatIlustrasi warga miskin (IDN Times/Daruwaskita)

Selain zakat, Ma’ruf juga menganjurkan kepada umat muslim di Indonesia agar melakukan infaq. Hal itu demi gerakan saling membantu di antar manusia. Bahkan, ia juga mengingatkan bahwa di dalam Islam, orang-orang yang memiliki kelebihan agar membagikan atau menyedekahkannya kepada orang yang membutuhkan.

“Siapa yang punya kelebihan supaya dia membagikan, menyedekahkan kelebihan kepada orang lain,” ujarnya.

3. Kasus virus corona di Indonesia mencapai 1.414 kasus

Di Tengah Wabah Virus Corona, Wapres Imbau Umat Muslim Percepat ZakatPasien Virus corona - Petugas berjalan ke arah mobil ambulans yang terparkir di samping ruang isolasi RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Kamis (5/3/2020). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Penambahan pasien positif Virus Corona COVID-19 terus terjadi setiap harinya di Indonesia. Juru Bicara Penanganan Virus Corona COVID-19, Achmad Yurianto, mengumumkan, pada Senin (30/3) ini, total kasus virus corona di tanah air sudah mencapai 1.414 kasus.

"Yang pertama adalah penambahan konfirmasi kasus positif sebanyak 129 orang, sehingga total 1.414," kata Yuri dalam siaran langsung di TVRI, Senin (30/3).

Dari total tersebut, 122 orang di antaranya meninggal dunia. Selain itu, Indonesia memiliki kasus sembuh sebanyak 75 kasus. 

 

Baca Juga: Ma’ruf Amin: Gak Ada Lockdown di Daerah, yang Ada Disiplin Ketat!

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya