Pansel akan Pangkas 20 Capim KPK di Tahap Profile Assessment

Pansel berencana serahkan 20 nama ke Presiden pada (2/9)

Jakarta, IDN Times - Proses seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat (9/8) memasuki tahap profile assesment. Proses yang sudah dimulai sejak hari Kamis itu, kembali dilanjutkan di hari kedua di kantor Lemhanas, Jakarta Pusat. 

Pada hari ini, 40 capim KPK ikut dalam proses profile assessment sejak Kamis kemarin. Sebanyak enam orang di antaranya merupakan perwira polisi dan lima orang adalah pegawai KPK. 

Menurut anggota pansel, Hamdi Muluk, selama dua hari itu, akan ada 25 psikolog senior yang melakukan pengamatan terhadap 40 kandidat tersebut. 

"Di hari pertama akan dilakukan pemberian inventory-inventory dan juga ada wawancara mulai dari latar belakang hidup," ujar Hamdi.

Selain itu, ada pula simulasi pekerjaan. 40 capim itu akan diberi persoalan untuk dipecahkan di dalam kelompok

"Jadi, nanti mereka akan dibagi ke dalam kelas, isinya enam orang dan dipantau oleh tiga sampai empat psikolog," kata dia lagi. 

Lalu, kapan hasil profile assessment akan diumumkan? 

1. Melalui profile assessment, pansel akan pilih 20 capim terbaik

Pansel akan Pangkas 20 Capim KPK di Tahap Profile Assessment(Uji kompetensi capim KPK di Pusdiklat Setneg) ANTARA FOTO/Aprilio Akbar

Ditemui di Lemhanas, Hami mengatakan sesuai dengan jumlah capim KPK yang lolos maka selection rationya adalah 1 banding 2. Artinya, mereka akan mencari 20 capim KPK terbaik. 

"Selection ratio nya itu 1 banding 2, jadi nanti 20 orang terbaik" ujar Hamdi pada siang tadi tanpa menyebut kapan waktu pengumuman profile assessment

Baca Juga: Ini Daftar Nama 40 Capim KPK yang Lolos dari Tahap Psikotest

2. Tapi, pada kenyataannya capim yang nanti lolos bisa kurang dari 20 orang

Pansel akan Pangkas 20 Capim KPK di Tahap Profile Assessment(Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif tengah bersiap mengikuti ujian psikotest di Pusdiklat) ANTARA FOTO/Wahyu Putro A.

Namun, kata Hamdi, angka 20 yang lolos ke tahap selanjutnya masih belum pasti. Sebab, bisa jadi pansel akan kembali melihat dari data yang didapat ketika profile assessment. "Tapi, (jumlah capim KPK) yang lolos bisa lebih kecil. Tergantung nanti, data yang kita dapat, begitu," kata dia. 

3. Usai lolos dari profile assessment, maka capim akan menghadapi wawancara dan uji publik

Pansel akan Pangkas 20 Capim KPK di Tahap Profile Assessment(Pansel capim KPK periode 2019-2023) IDN Times/Santi Dewi

Apabila, capim KPK lolos di tahap profile assessment, maka tahap selanjutnya adalah wawancara. Anggota pansel Hamdi Muluk menyebut juga ada uji publik yang rencananya akan disiarkan di televisi. Konsepnya pun rencananya mirip debat capres, di mana turut melibatkan pertanyaan dari tiga hingga empat panelis.

Namun, hal tersebut belum diketahui kapan kepastiannya.  

"Uji publik, kita minta juga publik biar menanyakan, lewat panelis biasanya," kata dia. 

Rencananya pansel capim akan menyerahkan 10 nama akhir ke Presiden pada (2/9). 

Baca Juga: 40 Capim KPK yang Lolos dari Tahap Psikotest, Termasuk 6 Anggota Polri

Topik:

Berita Terkini Lainnya