Comscore Tracker

Virtual Campus Roadshow, IDN Times Ajak Mahasiswa UMM Aktif Menulis  

Menjadi community writer di IDN Times menguntungkan  

Malang, IDN Times - Pandemik COVID-19 tak menghalangi untuk tetap bisa terus berkarya. Pesan tersebut yang coba dibawa saat IDN Times virtual campus roadshow menyambangi Universitas Muhammadiyah Malang, Kamis (18/2/2021). Para mahasiswa diajak untuk tetap kreatif selama pandemik COVID-19, salah satunya adalah memanfaatkan platform menulis seperti IDN Times Community. 

1. IDN Times Community bisa jadi tempat untuk belajar menulis

Virtual Campus Roadshow, IDN Times Ajak Mahasiswa UMM Aktif Menulis  community.idntimes.com

Editor in Chief IDN Times, Uni Lubis menyampaikan bahwa saat ini semua orang bisa memproduksi konten mereka sendiri melalui platform-platform yang ada. Namun, tak sedikit dari mereka yang masih mengabaikan prinsip-prinsip verifikasi. Hal itu kemudian menimbulkan banyaknya informasi yang tak bisa dipertanggungjawabkan kredibilitasnya bermunculan di masyarakat.

Maka dari itu, melalui IDN Times community ini, masyarakat terutama generasi millenials dan Gen Z akan mendapat pengetahuan bagaimana cara menulis yang benar. Banyak hal bisa dipelajari, terlebih IDN Times community sendiri saat ini sudah memiliki group komunitas yang tersebar hampir di semua regional di Indonesia. 

"Yang membedakan IDN Times community dengan komunitas menulis yang lain adalah intensitas coaching yang jauh lebih sering. Sharing informasi mengenai bagaimana cara menulis yang baik membuat para community writer bisa menulis dengan hasil yang baik," terangnya Kamis (18/2/2021). 

2. IDN Times sudah bertransformasi menjadi content platform

Virtual Campus Roadshow, IDN Times Ajak Mahasiswa UMM Aktif Menulis  Seleksi UTBK dilakukan dalam dua cara yakni Luring dan Daring. Dok/Humas UMM

Selain menyediakan platform menulis IDN Media juga terus berkembang dengan berbagai unit usaha. Hal ini juga sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas mengikuti perkembangan zaman.

"Sejak 2020, kami sudah tidak lagi media company tetapi sudah bertransformasi menjadi content platform melalui IDN app. Karena pemilik IDN Media ini memahami bahwa untuk bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama tidak bisa hanya dari satu revenue stream saja," tambahnya. 

3. Kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar menulis

Virtual Campus Roadshow, IDN Times Ajak Mahasiswa UMM Aktif Menulis  Pemimpin Redaksi IDN Times, Uni Lubis saat menjadi pembicara di IDN Times Campus Road Show virtual bersama mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, Kamis (18/2/2021). IDN Times/Alfi Ramadana

Sementara itu, dosen Ilmu Komunikasi UMM, Nasrullah menyampaikan bahwa keberadaan IDN Times Community tentu membuka kesempatan bagi para mahasiswa untuk mencoba berkarya. Terlebih untuk program studi Ilmu Komunikasi di UMM ada mata kuliah yang memberikan nilai lebih apabila mahasiswa memiliki karya salah satunya jurnalistik. Tentu para mahasiswa harus memanfaatkan kesempatan tersebut guna bisa mengasah kemampuan mereka. 

"Tentunya ini menjadi kesempatan bagi para mahasiswa untuk bisa belajar menulis. Kalau mahasiswa biasanya sudah sering mendapat materi secara konseptual di kelas. Maka kali ini bisa belajar langsung bagaimana realita di lapangan," katanya. 

Baca Juga: Ulang Tahun ke-4, IDN Times Community Berkomitmen Jadi Lebih Baik 

4. Bergabung dengan IDN Times Community menguntungkan

Virtual Campus Roadshow, IDN Times Ajak Mahasiswa UMM Aktif Menulis  Ilustrasi Sekolah dari Rumah (IDN Times/Arief Rahmat)

Hal yang sama diungkapkan oleh Editor IDN Times, Arifina Budi atau yang lebih akrab disapa Upik. Ia menjelaskan bahwa IDN Times Community sejak awal berkomitmen untuk tidak sekadar menjadi wadah menulis melainkan bisa menjadi tempat untuk belajar dan berkarya bagi para Millennials dan Gen Z. 

"IDN Times sendiri juga berusaha untuk menjadi tempat belajar dan saling berbagi ilmu para para anggota komunitas. Karena akan ada hal baru yang bisa ditemui. Seperti pada tahun 2021 ini IDN Times Community menyiapkan program writing class untuk memberikan pembelajaran bagaimana bisa menulis di kanal-kanal yang tersedia di IDN Times," katanya. 

5. Selalu ada reward bagi penulis aktif

Virtual Campus Roadshow, IDN Times Ajak Mahasiswa UMM Aktif Menulis  Ilustrasi Sekolah dari Rumah (IDN Times/Arief Rahmat)

Satu lagi daya tarik bergabung di IDN Times community adalah reward yang disiapkan. Sebagai apresiasi atas keseriusan dan komitmen dari para community writer, maka setiap tulisan yang diterbitkan akan mendapatkan poin. Poin-poin tersebut bisa dikumpulkan dan jika sudah memenuhi jumlah tertentu maka bisa ditukarkan dengan uang. Selain itu, penulis juga bisa mendapat feedback positif dari editor mengenai tulisan yang mereka kirimkan.

"Jadi lumayan itung-itung untuk menambah uang jajan. Tetapi juga mendapat ilmu pengetahuan," pungkasnya. 

Baca Juga: 10 Suka Duka Menulis di IDN Times Community, Lebih Banyak Sukanya!

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya