Pahami SEO Artikel Supaya Tulisanmu Banyak Dibaca! 

SEO membantu menaikkan traffic pada artikel

Jakarta, IDN Times - Pernahkah Anda sudah susah payah menulis artikel di sebuah situs tetapi tidak ada yang membaca? Sebenarnya, ada teknik yang dapat menaikkan jumlah pembaca artikel-artikel Anda tersebut. Teknik itu adalah SEO.

SEO (Search Engine Optimization) merupakan sesuatu yang wajib dipahami oleh semua penulis artikel di media online. Sebab, SEO akan membantu meningkatkan traffic atau pengunjung terhadap tulisan tersebut.

Apa sih SEO itu?

Berikut IDN Times sajikan penjelasan tentang SEO, dilansir dari presentasi Manajer SEO IDN Times, Septi Riyani Maulida!

Baca Juga: Ini Perbedaan SEO dan SEM dalam Penulisan Artikel

1. SEO membantu artikel muncul di peringkat pertama pada mesin pencarian

Pahami SEO Artikel Supaya Tulisanmu Banyak Dibaca! Definisi SEO (youtube.com/IDN Times)

SEO adalah teknik untuk mengoptimalkan artikel agar berada di peringkat pertama mesin pencarian seperti Google.

Intinya, SEO akan membantu tulisan Anda “dinaikkan” di halaman mesin pencarian yang pada akhirnya juga membantu Anda mendapatkan pembaca lebih banyak.

Mengapa SEO penting? Saat Anda menggunakan mesin pencarian, pasti Anda lebih memilih untuk membaca apapun yang muncul di halaman pertama, bukan?

Kesannya, hasil pencarian yang berada di halaman atau peringkat pertama tidak menyulitkan pembaca untuk membuka halaman lain.

Oleh karena itu, penerapan SEO ini akan menaikkan kemungkinan artikel Anda untuk dibaca lebih banyak orang karena mudah ditemukan.

Selain itu, SEO juga bersifat evergreen. Artinya, artikel Anda akan dicari kapan pun dan tidak hanya pada hari tertentu saja sehingga dapat menghasilkan traffic secara jangka panjang dan organik.

Baca Juga: 349 Warga Kota Bima yang Meninggal Masuk dalam DPT Pemilu 2024

2. Penempatan keyword pada artikel adalah salah satu teknik fundamental penerapan SEO

Pahami SEO Artikel Supaya Tulisanmu Banyak Dibaca! Persentase keyword density untuk penerapan SEO pada artikel (youtube.com/IDN Times)

Sebuah tulisan yang layak dibaca harus berkualitas baik dari segi tata bahasa maupun konten yang informatif. Penting juga untuk tulisan tersebut mudah dibaca. Misalnya, seperti di IDN Times, format artikel yang digunakan adalah listicle, yaitu artikel yang berupa list (daftar) dengan memanfaatkan penggunaan subjudul.

Di sisi lain, ada juga satu hal yang merupakan salah satu teknik inti pada penerapan SEO, yaitu penempatan keyword (kata kunci).

Keyword ini bukan hanya sekedar kata kunci yang asal dipilih, melainkan keyword yang merupakan bagian dari tulisan dan mencakup inti dari tulisan tersebut. 

Dalam teknik SEO, keyword itu dipastikan muncul di judul, subtitle, paragraf pertama, dan paragraf terakhir. Selain itu, keyword juga harus muncul di dalam struktur url artikel. Hal ini membuat peluang tulisan Anda muncul di halaman pertama mesin pencarian lebih tinggi.

Namun, harus juga dipastikan untuk tidak spamming keyword tersebut atau menggunakannya secara berlebihan. Sebab, akan menyebabkan keyword density jadi tinggi. Sebaiknya, keyword density tetap di kisaran 2-4 persen.

Untuk mengecek persentase tersebut, bisa melalui tools seperti wordcounter.net atau Yoast SEO.

Baca Juga: Artikel Listicle Vs Narasi, Ini Lho Perbedaannya!

3. Perhatikan focus and speed artikel dan gunakan judul yang click worthy

Pahami SEO Artikel Supaya Tulisanmu Banyak Dibaca! Tips dan tricks membuat artikel SEO-friendly

Ada beberapa karakteristik yang membuat sebuah artikel SEO-friendly. Karakteristik-karakteristik ini juga bisa dijadikan arahan atau tips untuk penulisan Anda. 

Pertama, konten harus berkualitas, informatif, dan tidak menyebarkan hoaks.

Kedua, artikel harus memperhatikan focus and speed. Artikel yang paling cepat meliputi satu isu yang sedang menjadi hot topic tentunya akan menjadi pertama dalam mendapat pembaca.

Selain itu, penulis juga dapat mengembangkan topik tersebut dengan menulis artikel lain yang terkait dan memanfaatkan keyword yang sedang trending tersebut.

Ketiga, judul yang digunakan adalah click worthy. Artinya, judul artikel menarik serta sama dengan isi artikel itu sendiri. Ingat, click worthy ini tidak disamakan dengan click bait, ya! Click bait digunakan hanya untuk memikat perhatian pembaca, tetapi konten tulisannya tidak berkualitas atau informatif.

Terakhir, penulis memposisikan dirinya sebagai pembaca saat proses menulis sehingga dapat membuat artikel berkualitas dan mudah dibaca.

Setelah menyimak penjelasan dan tips di atas, sekarang Anda dapat menerapkan teknik SEO dalam penulisan artikel Anda. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 6 Teknik Bikin Judul Artikel yang Click-Worthy, Say Bye to Clickbait!

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya