Program Jokowi dan Prabowo di Bidang Olahraga

Kedua pasangan capres punya program baik di bidang olahraga

Artikel ini merupakan jawaban dari pertanyaan terpilih yang masuk ke fitur #MillennialsMemilih by IDN Times. Bagi pembaca yang punya pertanyaan seputar Pilpres 2019, bisa langsung tanyakan kepada redaksi IDN Times.

Jakarta, IDN Times - Bidang olahraga tidak kalah penting dengan bidang lainnya. Olahraga mengajarkan kita bekerja sama dan sportifitas. Lantas, apa program kedua pasangan capres-cawapres Pilpres 2019?

Kubu pasangan Joko 'Jokowi' Widodo-Ma'ruf Amin ingin mencetak bibit muda berprestasi di berbagai daerah dan meningkatkan kesejahteraan para atlet di Indonesia. Sedangkan, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno ingin memajukan semua bidang, termasuk bidang olahraga. 

Baca Juga: Prabowo Sebut Indonesia Akan Punah, M Taufik: Artinya Bukan Bubar

1. Tim Jokowi-Ma'ruf ingin mencetak bibit muda berprestasi

Program Jokowi dan Prabowo di Bidang OlahragaInstagram/@ditoariotedjo

Anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokow-Ma'ruf, Dito Ariotedjo mengatakan pasangan capres-cawapres nomor urut 01 menginginkan agar Indonesia memiliki generasi penerus bangsa berprestasi, termasuk di bidang olahraga. Karena itu, nantinya akan diadakan event olahraga dimulai di tingkatan daerah.

“Kemarin juga ada Piala Menpora U-12 nantinya itu akan diadopsi di seluruh daerah di Indonesia, insyaallah Februari tahun depan (direalisasikan),” kata Dito kepada IDN Times, Selasa (18/12).

2. Jokowi-Ma'ruf ingin membentuk atlet berprestasi pensiun

Program Jokowi dan Prabowo di Bidang OlahragaInstagram/@ditoariotedjo

Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta itu mengatakan, Jokowi-Ma'ruf juga sedang membahas kesejahteraan atlet berprestasi, untuk kehidupan pada masa tua mereka.

“Kita akan mendorong kembali bahwa nantinya kebijakan atlet akan mendapatkan tunjangan pensiun selayaknya PNS, tapi masih kita bahas untuk aturannya. Itu juga sebagai salah satu program prioritas Pak Jokowi-Maruf,” kata Dito.

3. Prabowo-Sandiaga ingin memajukan semua bidang, termasuk olahraga

Program Jokowi dan Prabowo di Bidang OlahragaInstagram/@faldomaldini

Sementara, Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Faldo Maldini mengatakan, pihaknya mengingkan perubahan dalam segala bidang, terutama olahraga. Hal tersebut tertuang dalam program perencanaannya.

“Pada sembilan pilar kesejahteraan rakyat dalam program aksi nomor delapan itu, ada memperkuat pembinaan olahraga secara menyeluruh modern dan berjenjang,” ujar Faldo di Kantor IDN Times, Pal Merah, Jakarta Barat, Senin (17/12).

4. Prabowo-Sandiaga ingin membentuk SDM yang sehat jasmani dan rohani

Program Jokowi dan Prabowo di Bidang OlahragaInstagram/@faldomaldini

Faldo menyebutkan Prabowo-Sandiaga ingin mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang sehat untuk kebaikan diri sendiri maupun negara, sehingga bisa mengurangi beban negara dalam sektor kesehatan.

"Nantinya bisa bekerja sama dengan Pemda, sehingga menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sehat. Sehingga berguna untuk dirinya dan juga bisa memberikan treatment berbeda untuk budget kesehatan yang sangat besar,” papar dia.

Program Jokowi dan Prabowo di Bidang OlahragaIDN Times/Sukma Shakti

Baca Juga: Anies Baswedan Acungkan 2 Jari, Relawan Jokowi Mengadu ke Bawaslu

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya