12 Ribu Personel Gabungan Amankan KTT ASEAN di Labuan Bajo NTT

Pola pengamanan difokuskan di tiga zona

Jakarta, IDN Times - Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono memimpin apel pasukan gabungan pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sigit mengatakan, sebanyak 12.000 personel akan bertugas melakukan pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Pengamanan mulai dari 7-13 Mei 2023 dengan melibatkan lebih dari 12.000 personel gabungan,” ujar Sigit dalam keterangannya, Sabtu (6/5/2023).

Baca Juga: Ini Jadwal Rangkaian KTT ASEAN di Labuan Bajo  

1. Pengamanan dilakukan di tiga zona

12 Ribu Personel Gabungan Amankan KTT ASEAN di Labuan Bajo NTTIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sigit menjelaskan, pola pengamanan akan dilakukan dalam tiga zona. Pengamanan dilakukan mulai dari kedatangan VVIP dan VIP hingga kepulangan dengan pola terbuka dan tertutup.

Pengamanan dilakukan untuk mengantisipasi berbagai situasi ancaman yang mungkin terjadi.

“Situasi ancaman yang mungkin terjadi, seperti aksi kriminalitas, unjuk rasa, gangguan kamsemtibcarlantas, serangan siberkapolri

, sampai dengan situasi kontigensi terorisme dan bencana alam,” ucapnya.

Baca Juga: Kapolri Perintahkan Kasus Pengendara Koboi Tenteng Pistol Diusut Tuntas

2. Penglima TNI minta anggota patuhi protap dalam bekerja

12 Ribu Personel Gabungan Amankan KTT ASEAN di Labuan Bajo NTTPanglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono (IDN Times/Ilman nafi'an)

Sementara itu, Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, memerintahkan agar para personel mematuhi jalur komando yang sudah ditetapkan.

"Saya minta seluruh jajaran mengikuti hierarki yang ada dan laporkan setiap perkembangan situasi sesuai dengan protap yang telah ditetapkan," ungkapnya melansir ANTARA.

Baca Juga: PM Thailand Absen di KTT ASEAN Labuan Bajo 

3. KTT ASEAN digelar di Labuan Bajo

12 Ribu Personel Gabungan Amankan KTT ASEAN di Labuan Bajo NTTThe Luxury Collection di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (IDN Times/Istimewa)

Diketahui, Labuan Bajo ditunjuk oleh pemerintah untuk menjadi tuan rumah perhelatan konferensi tingkat tinggi. KTT ASEAN ke-42 bakal digelar di Labuan Bajo, NTT pada 10-11 Mei 2023.

Berbagai persiapan pun sudah dilakukan untuk menyambut delegasi dari 10 negara ASEAN serta Timor Leste.

Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Wayan Giri Adnyani, mengungkapkan, alasan pemilihan Labuan Bajo sebagai tuan rumah. Menurutnya, banyak sisi cantik dari Indonesia yang tidak melulu soal Bali.

“Indonesia punya banyak lokasi dan destinasi cantik dan berkualitas, salah satunya Labuan Bajo,” kata Giri.

Adapun Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, menjelaskan, ada beberapa isu yang akan dibawa pada KTT ASEAN.

Penguatan kerja sama perlindungan pekerja migran, arsitektur kesehatan kawasan, dan peningkatan pembangunan kawasan perdesaan menjadi prioritas capaian Indonesia atau deliverables Indonesia pada KTT ke-42 ASEAN 2023, di Labuan Bajo, NTT.

“Isu prioritas tersebut, selain sejalan dengan Pilar Epicentrum of Growth dalam Keketuaan Indonesia 2023 juga akan memperkuat Pilar Sosial Budaya ASEAN secara umum,” kata dia.

Baca Juga: Menkominfo Jamin Internet Lancar Selama KTT ASEAN Labuan Bajo

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya