Anies Baswedan: Tapal Kuda dan Madura Basis Penting, Harus Dimenangkan

Targetkan kemenangan hingga 70 persen

Jakarta, IDN Times - Bakal Calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan memasang target tinggi di daerah Tapal Kuda dan Madura, Jawa Timur. Anies menilai daerah itu adalah basis penting yang harus dimenangkan pada Pemilu 2024.

Tapal Kuda meliputi beberapa daerah di Jawa Timur yaitu Banyuwangi, Situbondo, Probolinggo, Bondowoso, Jember, Pasuruan, dan Lumajang.

“Nah, di Jawa Timur Tapal Kuda dan Madura adalah basis penting yang harus dimenangkan," kata Anies Baswedan dalam keterangannya, Rabu (9/8/2023).

Baca Juga: Siap Jadi Cawapres, Yenny Wahid Akui Punya Kedekatan dengan Anies

1. Targetkan bisa peroleh 70 persen suara di daerah ini

Anies Baswedan: Tapal Kuda dan Madura Basis Penting, Harus DimenangkanBacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan incar kemenangan di Tapal Kuda dan Madura pada pemilu 2024. (dok. IDN Times/istimewa)

Eks Mendikbud itu menargetkan memperoleh suara hingga 70 persen khusus di kawasan Tapal Kuda dan Madura. Target itu dibeberkan saat bertemu relawan di Cottage Utama Raya Banyuglugur, Situbondo, Selasa (8/8/2023) malam.

Awalnya, Anies bertanya target relawan dalam memenangkan dirinya di Tapal Kuda pada Pilpres 2024.

“Lebih banyak (yang sepakat) 70 persen ya. Oke, insya Allah 70 persen di Tapal Kuda," kata Anies.

Baca Juga: Anies: Banyak Warga Datang ke RS Bukannya Sembuh Malah Jadi Miskin

2. Minta relawan kerja keras pada pemilu 2024

Anies Baswedan: Tapal Kuda dan Madura Basis Penting, Harus DimenangkanBakal Calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan menanggapi gugatan batas usia Cawapres di Mahkamah Konstitusi (MK). (IDN Times/Amir Faisol)

Anies menyampaikan, untuk memperoleh 70 persen suara itu dibutuhkan kerja keras sehingga bukan hanya pernyataan lisan saja.

Oleh karena itu, Anies meminta agar simpul-simpul relawan terus bergerak memperkuat timnya hingga ke tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Jangan puas hanya di tingkat RT, harus sampai ke TPS minimal dua orang," ujar dia.

Baca Juga: NasDem Beri Sinyal Cawapres Anies Diumumkan di Menit Terakhir

3. Anies mulai blusukan ke daerah Jawa Timur

Anies Baswedan: Tapal Kuda dan Madura Basis Penting, Harus DimenangkanBakal Calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan menanggapi gugatan batas usia Cawapres di Mahkamah Konstitusi (MK). (IDN Times/Amir Faisol)

Anies blusukan ke kampung nelayan di Situbondo, Jawa Timur. Ia bertemu dengan ratusan nelayan dan menyerap langsung aspirasi dari mereka pada Selasa (8/8/2023) kemarin.

Dia menyampaikan, aspirasi yang disampaikan petani dan nelayan di Situbondo seragam dengan masalah yang ditemukannya di berbagai daerah.

Oleh karena itu, dia berharap agar para petani dan nelayan kompak mendukung ikhtiar yang diperjuangkannya.

“Saya di sini untuk belanja masalah. Semua kami catat. Perubahan itu bukan hanya basa basi tapi perubahan yang merubah kenyataan," kata Anies.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya