Demo Buruh di Patung Kuda Rusuh, Massa Lempar Bambu hingga Botol

Sang orator meminta agar para buruh tidak saling emosi

Jakarta, IDN Times - Massa aksi dari elemen buruh sempat rusuh saat berunjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (2/10/2023).

Pantauan IDN Times, awalnya, kelompok massa dari elemen buruh yang baru saja tiba di kawasan Patung Kuda hendak bergabung bersama buruh lain yang berasal dari aliansi Partai Buruh.

Saat mereka mau bergabung, para buruh saling dorong, bahkan terlihat ada yang melempar bambu hingga botol.

Sementara orator yang ada di mobil komando berusaha menenangkan rekan-rekannya. Sang orator meminta agar para buruh tidak saling emosi dan menyampaikan bahwa tujuan demo ini sama, yaitu menolak UU Cipta Kerja.

“Hati-hati provokasi kawan-kawan. Tujuan kita sama,” ujar sang orator.

Sebagaimana diketahui, MK akan memutus perkara nomor 40/PUU-XXI/2023 yang dimohonkan oleh sejumlah organisasi buruh seperti Persatuan Pegawai Indonesia Power (PP IP), Federasi Serikat Pekerja Indonesia (FSPI), SP PLN, Federasi SP KEP SPSI, dan Federasi Serikat Pekerja Pariwisata Reformasi (FSP PAR).

Lalu, perkara nomor 41/PUU-XXI/2023 diajukan oleh elemen Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) yang diwakili Elly Rosita Silaban dan Dedi Hardianto. 

Kemudian, perkara nomor 46/PUU-XXI/2023 yang diajukan 14 kelompok sipil dan organisasi buruh dari mulai Serikat Petani Indonesia (SPI), Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB), hingga Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA).

Selain itu, ada perkara nomor 50/PUU-XXI/2023 yang diajukan elemen Partai Buruh diwakili Said Iqbal. Terakhir ialah perkara nomor 54/PUU-XXI/2023.

Baca Juga: Demo Tolak UU Ciptaker, Buruh Bakar Baliho Gambar Ketua MK Anwar Usman

Baca Juga: Elemen Buruh dari KASBI Bakar Ban Saat Unjuk Rasa Tolak UU Omnibus Law

Baca Juga: Ada Aksi Buruh, Polisi Tutup Jalan Kawasan Patung Kuda Pagi Ini

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya