Digeledah, Rumah Firli Bahuri di Jaksel Ternyata Sewaan

Jadi saksi bisa pertemuan Firli Bahuri dan SYL

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya mengungkapkan, Ketua KPK, Firli Bahuri selama ini menyewa rumah di Jalan Kertanegara Nomor 46 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Rumah yang disebut-sebut sebagai safe house Firli Bahuri itu pun sempat digeledah oleh penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

"Iya, ya, jadi untuk diidentifikasinya rumah tersebut (Kertanegara) disewa (Firli Bahuri)," kata Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak saat ditemui, Jumat (27/10/2023).

Kendati demikian, Ade Safri belum menjelaskan sejak kapan Firli Bahuri menyewa tempat tersebut. Ia juga belum menjelaskan rumah tersebut digunakan untuk apa. 

Namun, kata dia, saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan untuk mengetahui detail rumah tersebut.

"Saat ini sedang kami lakukan pemeriksaan untuk mengetahui detail identifikasi dari rumah di Kertanegara nomor 46 dimaksud," kata dia.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Geledah Rumah Firli Bahuri di Bekasi

1. Rumah Kertanegara saksi bisu pertemuan Firli Bahuri dan SYL

Digeledah, Rumah Firli Bahuri di Jaksel Ternyata SewaanPolisi membawa satu koper dari rumah Firli Bahuri yang digeledah, Kamis (26/10/2023). (IDN Times/Amir Faisol)

Sementara itu, Kuasa Hukum Syahrul Yasin Limpo, Arianto mengungkapkan, kliennya sempat bertemu dengan Firli Bahuri di rumah yang ada di Kertanegara, Jakarta Selatan itu.

"Betul, pernah ketemu di situ," ujar Arianto.

Arianto tak mengetahui persis kapan pertemuan itu berlangsung. Namun, menurutnya tempat tersebut adalah rumah aman (safe house) Firli Bahuri.

"Konon katanya itu safe house KPK," ujarnya.

Baca Juga: Begini Ekspresi Firli Bahuri Saat Rumahnya Digeledah Polisi

2. Polisi geledah rumah Firli Bahuri, sejumlah barang diangkut

Digeledah, Rumah Firli Bahuri di Jaksel Ternyata SewaanPersonel kepolisian melakukan pengamanan saat penggeledahan di salah satu kediaman Ketua KPK Firli Bahuri di kawasan Jalan Kertanegara, Jakarta, Kamis (26/10/2023). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menggeledah dua rumah Firli Bahuri yaitu di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dan Perumahan Grand Galaxy, Bekasi, Jawa Barat pada Kamis (26/10/2023) kemarin.

Dalam penggeledahan itu, penyidik mengangkut satu koper yang diduga menjadi barang bukti dari rumah yang ada di Jalan Kertanegara, Nomor 46, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Namun rumah Firli Bahuri di Bekasi yang turut digeledah masih belum ditemukan barang bukti oleh penyidik.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, mengatakan, penggeledahan dilakukan sebagai bagian dari serangkaian penyidikan dalam kasus pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo.

"Betul (ada penggeledahan di dua rumah Firli Bahuri). Intinya, ini dalam rangkaian proses penyidikan untuk membuat terang suatu kasus pidana dugaan pemerasan," kata dia.

Baca Juga: Rumah Ketua KPK di Jaksel yang Digeledah Polisi Tak Ada di LHKPN

3. Firli sempat diperiksa selama tujuh jam

Digeledah, Rumah Firli Bahuri di Jaksel Ternyata SewaanDirektur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, KombesPolAde, AdeSafriSimanjuntak, Ade Safri Simanjuntak

Sementara itu, Firli Bahuri sendiri telah diperiksa oleh tim penyidik gabungan Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Dittipikor Bareskrim Polri pada Selasa (24/10/2023). Ia diperiksa selama tujuh jam terkait kasus pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo.

Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan, Firli masih diperiksa sebagai saksi dalam kasus pemerasan itu.

"Kurang lebih tujuh jam dilakukan pemeriksaan. Diperiksa dengan kapasitas saksi oleh penyidik gabungan Subdit Tipikor Ditreskrimsus dan Dittipikor Bareskrim Polri," ujar Ade Safri.

Ade juga mengatakan, sudah 54 saksi yang diperiksa dalam tahapan penyidikan.

"Total sampai hari ini sebanyak 54 orang saksi telah dilakukan pemeriksaan dan saat ini kita akan konsolidasi," kata dia.

Baca Juga: Respons KPK Usai Rumah Firli Bahuri di Dua Lokasi Digeledah Polisi

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya