Firli Bantah Bertemu SYL di Rumah Kertanegara yang Digeledah Polisi

Rumah Kertanegara hanya rumah peristirahatan

Jakarta, IDN Times - Ketua KPK RI Firli Bahuri membantah sempat bertemu Syahrul Yasin Limpo di sebuah rumah, Jalan Kertanegara Nomor 46, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Rumah ini sempat digeledah penyidik Polda Metro Jaya.

Firli Bahuri mengaku rumah tersebut hanya menjadi tempat peristirahatan jika sedang berdinas di Jakarta.

Bantahan itu disampaikan Firli Bahuri kepada awak media, saat ditemui seusai laga badminton Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Cup 2023 di kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (29/10/2023).

"Nggak ada. Nggak ada. Itu hanya tempat istirahat kalau seandainya saya ada giat di Jakarta," kata Firli Bahuri di Jakarta, Minggu.

Baca Juga: Digeledah, Rumah Firli Bahuri di Jaksel Ternyata Sewaan

1. Rumah Kertanegara 46 menjadi saksi bisu pertemuan Firli Bahuri-SYL

Firli Bantah Bertemu SYL di Rumah Kertanegara yang Digeledah PolisiPersonel kepolisian melakukan pengamanan saat penggeledahan di salah satu kediaman Ketua KPK Firli Bahuri di kawasan Jalan Kertanegara, Jakarta, Kamis (26/10/2023). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Sementara itu, Kuasa Hukum Syahrul Yasin Limpo, Arianto mengungkapkan, Firli Bahuri sempat bertemu dengan SYL di rumah Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Dalam penggeledahan itu, penyidik mengangkut satu koper yang diduga menjadi barang bukti dari rumah di Jalan Kertanegara nomor 46, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Selain itu, pada hari yang sama, penyidik turut menggeledah rumah Firli Bahuri di Bekasi. Namun, penyidik masih belum menemukan barang bukti.

Meski begitu, Arianto tidak mengetahui persis kapan pertemuan itu berlangsung. Namun, menurutnya tempat itu menjadi rumah aman bagi Firli Bahuri.

"Betul pernah ketemu di situ. Konon katanya itu safe house KPK," ujarnya.

Baca Juga: Polisi Geledah Rumah Firli Bahuri di Kertanegara Jaksel

2. Rumah Kertanegara disewa Firli Bahuri

Firli Bantah Bertemu SYL di Rumah Kertanegara yang Digeledah PolisiDirektur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak. (IDN Times/Amir Faisol)

Sementara itu, Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengungkapkan, Firli Bahuri menyewa rumah di Jl Kertanegara nomor 46 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Ia belum menjelaskan lebih lanjut, alasan Firli Bahuri menyewa rumah tersebut. Namun, pihaknya masih melakukan pemeriksaan untuk mengetahui detil rumah tersebut.

"Ya jadi untuk diidentifikasinya rumah tersebut (Kertanegara) disewa (Firli Bahuri). Saat ini sedang kami lakukan pemeriksaan untuk mengetahui detail identifikasi dari rumah di Kertanegara nomor 46 dimaksud," kata dia.

Baca Juga: Syahrul Yasin Limpo dan Firli Pernah Bertemu di Rumah yang Digeledah

3. Polisi periksa pemilik rumah Kertanegara 46

Firli Bantah Bertemu SYL di Rumah Kertanegara yang Digeledah PolisiDirektur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, KombesPolAde, AdeSafriSimanjuntak, Ade Safri Simanjuntak

Penyidik kemudian memanggil pemilik rumah di Jalan Kertanegara nomor 46, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, berinisial E untuk mendalami kasus pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo. 

Ade Safri Simanjuntak mengatakan, pemilik rumah tersebut diperiksa di Subdit Tipikor pada Jumat, 27 Oktober 2023, sekitar pukul 10.00 WIB.

"Pemilik rumah Kertanegara 46, hari ini dijadwalkan untuk dilakukan pemeriksaan pada pukul 10.00 WIB di lantai 21 gedung Promoter, ruang riksa penyidik subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya," kata Ade Safri saat itu.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya