Ganjar Pranowo Dipastikan Hadir dalam Kuliah Kebangsaan FISIP UI Besok

Kuliah kebangsaan adalah forum akademis

Jakarta, IDN Times - Bakal calon presiden (Bacapres) dari PDIP, Ganjar Pranowo, dipastikan akan hadir pada Kuliah Kebangsaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI) yang akan digelar di Gedung Balai Serbaguna Purnomo Senin (18/9/2023).

Dekan FISIP UI, Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto menekankan, FISIP UI harus memainkan perannya sebagai katalis diskusi yang sehat dan berkualitas, tanpa memihak kelompok manapun.

“Kehadiran tokoh-tokoh pada Kuliah Kebangsaan adalah salah satu forum di mana mahasiswa dan civitas akademika dapat mendengar, bertanya bahkan mendebat pemikiran-pemikiran masa depan Indonesia yang dilontarkan para tokoh tersebut,” kata Prof Semiarto, dalam keterangan resmi, Minggu (17/9/2023).

Dalam acara Kuliah Kebangsaan yang bertemakan "Hendak ke mana Indonesia Kita? Gagasan, Pengalaman dan Rancangan Para Pemimpin Masa Depan" tersebut para tokoh yang diundang akan diberi kesempatan untuk mengeluarkan pemikiran dan visi mereka.

Kemudian akan ditanggapi oleh para panelis yang terdiri dari dosen dan mahasiswa. Selain panelis, mahasiswa yang hadir juga diberi kesempatan untuk memberikan tanggapan.

1. Kuliah kebangsaan adalah forum akademis

Ganjar Pranowo Dipastikan Hadir dalam Kuliah Kebangsaan FISIP UI BesokIDN Times/Rudal Afgani

Ketua Panitia Kelas Kebangsaan Shofwan Al Banna Choiruzzad mengatakan, kuliah kebangsaan adalah forum akademis, sehingga semua mahasiswa dapat menyimak pemikiran para tokoh yang hadir.

Menurut dia, kuliah kebangsaan lazim dilakukan di dunia akedemis dalam kerangka pengembangan keilmuan dan pemikiran.

“Tidak hanya pemikiran dari tokoh yang menjadi dosen tamu tapi pemikiran-pemikiran dari panelis maupun peserta kuliah yang hadir,” ungkap Shofwan.

Baca Juga: Andika Perkasa Merapat ke Ganjar, Agum Gumelar: Gak Masalah

2. Kubu Anies tunggu Ganjar bahas wadas di UI

Ganjar Pranowo Dipastikan Hadir dalam Kuliah Kebangsaan FISIP UI BesokBacapres dari Koalisi Perubahan untuk Indonesia, Anies Baswedan saat wawancara khusus di acara Real Talk with Uni Lubis, Senin (15/5/2023). (IDN Times/Alya Achyarini)

Sebelumnya, Juru Bicara Anies Baswedan, Angga Putra Fidrian, menunggu kehadiran dua bakal capres lainnya yaitu Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto di UI.

Menurut dia, masyarakat juga ingin mengetahui program-program yang akan digagas masing-masing kedua bacapres.

Menurut dia, masyarakat ingin mendengarkan penjelasan langsung dari keduanya atas sejumlah isu yang selama ini menjadi sorotan.

Isu-isu itu misalnya penolakan sebagian warga atas penambangan batu andesit di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah dan juga mangkraknya proyek lumbung pangan (food estate) di Kalimantan Tengah yang dikomandoi Menhan Prabowo Subianto.

Bahkan sampai ada yang menyebut, program food estate itu bagian dari kejahatan lingkungan.

"Menarik juga menunggu bagaimana Ganjar menjawab tentang Wadas dan banjir rob di pesisir utara Jateng. Atau Prabowo menjawab tentang food estate dan (pengadaan) alutsista (alat utama sistem persenjataan)," kata dia.

3. Sebut kehadiran Anies bentuk keterbukaan

Ganjar Pranowo Dipastikan Hadir dalam Kuliah Kebangsaan FISIP UI BesokBakal Calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan menanggapi gugatan batas usia Cawapres di Mahkamah Konstitusi (MK). (IDN Times/Amir Faisol)

Lebih lanjut, Angga mengatakan, Anies telah memenuhi undangan Badan Eksekutif BEM) FISIP UI untuk mengisi Kuliah Kebangsaan bertema "Hendak ke mana Indonesia Kita? Gagasan, Pengalaman, dan Rancangan Para Pemimpin Masa Depan".

Karena itu, dia berharap dua capres lainnya yakni Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto, juga bersedia mengisi rangkaian Kuliah Kebangsaan di FISIP UI.

“Kedatangan Anies Baswedan ke UI adalah bentuk keterbukaan capres pada dialog. Anies juga mampu menjawab pertanyaan kritis dengan baik," kata dia.

Baca Juga: Survei SMRC: Duet Ganjar-RK Ungguli Prabowo-Erick dan Anies-Cak Imin

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya