Survei SMRC: Duet Ganjar-RK Ungguli Prabowo-Erick dan Anies-Cak Imin

Survei dilakukan pada 5-8 September 2023

Jakarta, IDN Times - Saiful Mujami Research adn Consulting (SMRC) merilis hasir survei yang dilakukan pada 5-8 September 2023. Responden dalam survei itu berusia 17 tahun ke atas sebanyak 1.212 orang.

SMRC menggunakan metode random digit dialing (RDD) secara acak, validasi dan screening. Margin of error dalam survei sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.

Baca Juga: Golkar: Ridwan Kamil Dipanggil Megawati dan Ditawari Cawapres

1. Duet Ganjar-Ridwan Kamil unggul

Survei SMRC: Duet Ganjar-RK Ungguli Prabowo-Erick dan Anies-Cak IminBakal Calon Presiden RI Ganjar Pranowo menghadiri pameran foto Reformasi 98 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/5/2023) (IDN Times/Aryodamar)

Dalam survei itu, Ganjar Pranowo unggul dari kontenstan lainnya bila dipasangkan dengan Ridwan Kamil (RK) untuk maju di Pilpres 2024.

Berikut hasilnya:

  • Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil: 35,4 persen
  • Prabowo Subianto-Erick Thohir: 31,7 persen
  • Anies Baswedan-Cak Imin: 16,5 persen
  • Tidak tahu: 16,38 persen

Baca Juga: PDIP Bantah Klaim Golkar Megawati Tawari Ridwan Kamil Cawapres Ganjar

2. Munculnya pasangan Anies-Cak Imin belum berefek naikkan elektabilitas

Survei SMRC: Duet Ganjar-RK Ungguli Prabowo-Erick dan Anies-Cak IminBakal calon presiden Anies Baswedan dan calon wakil presiden, Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin saat berada di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin (11/9/2023) (IDN Times/Lia Hutasoit)

Pendiri SMRC, Saiful Mujani mengatakan pasangan Anies-Cak Imin yang muncul secara mengejutkan belum memiliki efek menaikkan elektabilitas. Pasangan tersebut sudah terlebih dulu mendeklarasikan sebagai pasangan capres-cawapres 2024.

“Walaupun muncul secara mengejutkan, belum punya efek yang menaikkan dukungan yang signifikan pada Anies ketika dia berpasangan dengan Muhaimin,” ujar Saiful Mujani dalam rilis surveinya,Kamis (14/9/2023).

3. Pasangan cawapres untuk Ganjar dan Prabowo masih bisa berubah

Survei SMRC: Duet Ganjar-RK Ungguli Prabowo-Erick dan Anies-Cak IminGanjar Pranowo dan Prabowo Subianto (IDN Times/AryodamarANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Dalam kesempatan itu, Saiful mengatakan, cawapres untuk Ganjar dan Prabowo masih bisa berubah. Sebab, belum ada deklarasi cawapres bagi keduanya.

“Tentu saja pasangan Ganjar maupun Prabowo bisa berubah. Tapi setidaknya pasangan Anies-Muhaimin kemungkinan relatif stabil,” imbuhnya.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Elektabilitas Anies-Muhaimin Kalah dari Ganjar-RK dan Prabowo-Erick

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya