Gantikan Arsul Sani, Amir Uskara Resmi Dilantik Wakil Ketua MPR

Amir gantikan Arsul Sani yang menjadi Hakim Konstitusi

Jakarta, IDN Times - Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPR RI, Amir Uskara resmi dilantik menjadi Wakil Ketua MPR RI sisa masa jabatan 2019-2024 pada Jumat (8/3/2024).

Amir Uskara dilantik oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo sebagai pimpinan baru MPR dari fraksi PPP di ruang rapat MPR, Nusantara 4, kompleks parlemen. Amir menggantikan koleganya di PPP yaitu Arsul Sani yang menjadi Hakim Konstitusi.

"Kami mengucapkan selamat datang. Selamat menjalankan tugas, welcome to the club," kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Pada kesempatan itu, Amir Uskara melakukan pengucapan sumpah menurut agama Islam dipandu oleh rohaniwan.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai Wakil Ketua MPR dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya bahwa saya memegang teguh Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta peraturan perundang-undangan," ucap Amir membaca sumpah dipandu rohaniawan.

Sebelumnya, MPR RI telah menerima tiga surat terkait pergantian pimpinan MPR dari unsur Fraksi PPP. Pertama, surat pengunduran diri Arsul pada 4 Desember 2023. Kedua, Surat Rekomendasi DPP PPP Nomor: 2382/EX/DPP/XII/2023 tanggal 22 Desember 2023, perihal Permohonan Pergantian Pimpinan MPR..

Dokumen berikutnya, yaitu surat rekomendasi Fraksi PPP Nomor: 01/FPPP/MPR/RI/I/2024 tanggal 15 Januari 2024. Surat tersebut tentang Penyampaian Nama Wakil Ketua MPR Fraksi PPP.

Baca Juga: Anwar Usman Terlihat Akrab dengan Arsul Sani di Istana

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya