Golkar Tak akan Dukung, Anies Baswedan: Bukan Kejutan

Anies sebut sikap Golkar bukan hal baru

Jakarta, IDN Times - Bakal Calon Presiden Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan, menanggapi sikap Golkar yang memastikan tidak akan mendukung dirinya pada Pilpres 2024 nanti.

Anies Baswedan mengatakan, selama ini Golkar telah bergabung bersama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Oleh karena itu, menurut dia, pernyataan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto yang menyatakan tidak akan mendukung dirinya pada Pilpres 2024 mendatang bukan sesuatu hal yang baru.

“Golkar kan dari dulu punya KIB, jadi gak ada yang baru,” ujar Anies Baswedan saat ditemui usai bertemu relawan di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat (4/8/2023).

Baca Juga: Prabowo dan Ganjar Dekat dengan Jokowi, Anies: Saya Warga Biasa

1. Sikap Golkar bukan sebuah kejutan

Golkar Tak akan Dukung, Anies Baswedan: Bukan KejutanBakal Calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan menanggapi gugatan batas usia Cawapres di Mahkamah Konstitusi (MK). (IDN Times/Amir Faisol)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga tidak menganggap bahwa sikap Golkar tersebut sebuah kejutan yang baru. Hal itu karena selama ini, Golkar memang telah memiliki koalisinya sendiri di KIB.

“Mereka sudah memiliki koalisi, sudah lama, jadi gak ada yang baru, gak ada yang baru sama sekali dan tidak ada kejutan lah,” kata dia.

Baca Juga: JK Optimistis Anies Baswedan Menang Pemilu 2024

2. Airlangga pastikan Golkar tak akan dukung Anies Baswedan di Pilpres

Golkar Tak akan Dukung, Anies Baswedan: Bukan KejutanKetua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menyampaikan hasil Rakernas Golkar 2023 (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Golkar, Airlangga Hartarto, mengaku tak akan mendukung Anies Baswedan pada Pilpres 2024. Oleh karena itu, Golkar tidak akan bergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

"Itu sangat benar," ujar Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (2/8/2023) lalu.

Baca Juga: Airlangga: Dukungan 3 Dewan Mudahkan Golkar Komunikasi Jalin Koalisi

3. Dukungan Golkar akan berlabuh ke Prabowo atau Ganjar

Golkar Tak akan Dukung, Anies Baswedan: Bukan KejutanAirlangga Hartarto hadir dalam acara Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2022 pada Jumat (30/9/2022). (IDN Times/Tata Firza & Gilang Pandutanaya)

Airlangga menyebut, Golkar memiliki opsi untuk mendukung Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

"Benar," kata dia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu menegaskan, Golkar sebagai partai besar memiliki strateginya sendiri dalam menghadapi Pemilu 2024.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya