Hotel di Melawai Jaksel Kebakaran, 3 Orang Tewas dan 3 Terluka

Dugaan sementara karena puntung rokok

Jakarta, IDN Times  - Kebakaran melanda sebuah hotel di Jalan Panglima Polim V Nomor 2 RT 1/RW 5 Kelurahan Melawai, Kecamatan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Kamis (17/8/2023) malam.

Kasudin Gulkarmat Jakarta Selatan, Syamsul Huda mengatakan, dalam insiden ini sebanyak tiga orang tewas dan tiga lainnya mengalami luka-luka.

“Korban luka 3 orang, Triyana (25), Nadia (23), Firmansyah (27). Korban meninggal 3 orang yakni Hilal (42), dan dua wanita yang belum teridentifikasi,” kata Huda saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (18/8/2023).

Baca Juga: Rumah di Tebet Kebakaran, 100 Petugas Damkar Dikerahkan

1. Korban tewas diduga karena kepulan asap

Hotel di Melawai Jaksel Kebakaran, 3 Orang Tewas dan 3 TerlukaIlustrasi Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Huda mengatakan, adapun ketiga korban yang meninggal dunia dalam insiden tersebut diduga karena kepulan asap. Dia mengatakan, saat ini jenazah telah dibawa ke Rumah Sakit Fatmawati

“(Penyebab meninggal) karena asap. Jenazah telah dibawa ke RS Fatmawati,” ucap Huda.

2. Kamar hotel tak memiliki ventilasi

Hotel di Melawai Jaksel Kebakaran, 3 Orang Tewas dan 3 TerlukaIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Mardya Shakti)

Huda menjelaskan, kebakaran ini diketahui usai adanya laporan dari saksi Ridwan, sekitar pukul 23.50 WIB. Dia mengatakan, karena bangunan tidak memiliki ventilasi maka asap memenuhi seluruh ruangan di lantai 2 dan 3.

“Informasi dari pihak hotel, kebakaran di lobi lantai 2 yang disebabkan oleh rokok kemudian merambat ke barang-barang yang ada di ruangan tersebut,” ujar Huda.

3. Sebanyak 20 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan padamkan api

Hotel di Melawai Jaksel Kebakaran, 3 Orang Tewas dan 3 TerlukaPetugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api yang membakar kompleks Relokasi Pasar Johar di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (2/2/2022). Belum diketahui penyebab serta kerugian akibat terbakarnya area Blok F dan Blok E di kompleks relokasi pasar tradisional tersebut. Hingga Rabu (2/2) pukul 21:15 WIB belasan mobil pemadam kebakaran dibantu mobil meriam air kepolisian beserta personel TNI-Polri dan BPBD Kota Semarang masih berupaya memadamkan kobaran api. ANTARA FOTO/Aji Styawan

Huda mengungkapkan, untuk memadamkan api pihaknya langsung mengerahkan 20 unit mobil pemadam kebakaran dengan 85 personel.

Huda sendiri menduga bahwa penyebab kebakaran bangunan seluas 160 meter ini karena puntung rokok.

“Tim tiba di lokasi sekitar 23.57 WIB dan selesai dipadamkan sekitar pukul 02.40 WIB,” ujar Huda.

Baca Juga: Kebakaran Rumah di Bekasi, Anak Usia 5 Tahun Tewas

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya