Jokowi: Suhu Politik Mulai Hangat-Hangat Kuku

Jokowi ingatkan persatuan saat dan usai pemilu

Jakarta, IDN Times - Presiden RI, Joko "Jokowi" Widodo bicara soal suhu politik menjelang Pemilu 2024. Jokowi menyebut tensi politik saat ini mulai hangat-hangat kuku.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberi sambutan pada Rakernas Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), Medan, Sumatra Utara, Sabtu (19/8/2023).

"Situasi di tahun politik ini sudah mulai hangat-hangat kuku. Sudah mulai cenderung hangat agak memanas, tapi belum panas," kata Jokowi dalam sambutannya.

Baca Juga: Gen Z, Cawe-cawe Jokowi Dinilai Bisa Berdampak Positif di Pemilu 2024

1. Jokowi mengingatkan soal persatuan saat pemilu dan setelahnya

Jokowi: Suhu Politik Mulai Hangat-Hangat KukuPresiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin beserta istri dalam Upacara HUT ke-78 RI di Istana Merdeka pada Kamis (17/8/2023). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi pun mengingatkan masyarakat agar jangna terlalu fanatik dalam membela calon presiden (capres) favoritnya. Sebab, situasi itu bisa membuat mereka saling memanasi hingga menimbulkan perpecahan.

"Repotnya yang sudah panas itu justru antarkawan sendiri. Sudah mulai saling memanasi. Jangan sampai antartetangga gak saling sapa setelah pemilu. Kita ini saudara sebangsa dan setanah air," kata presiden.

2. Yang di atas malah asyik ngopi

Jokowi: Suhu Politik Mulai Hangat-Hangat Kuku(dok. Humas PAN)

Uniknya, kata Jokowi, ketika para pendukung saling bermusuhan sampai pasca-pemilu, justru elite politik adem ayem. Bahkan, mereka bisa ngopi bareng sembari berbincang santai.

"Kadang-kadang saya mikir kami yang di atas sudah ngopi-ngopi bareng, makan bersama, tapi yang di akar rumput masih ramai belum rampung," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta.

Baca Juga: Jokowi: Beda Pilihan Pemilu 2024 Wajar, Jangan Bertengkar

3. Jokowi minta DPP GAMKI berkontribusi tebarkan perdamaian

Jokowi: Suhu Politik Mulai Hangat-Hangat KukuPerwakilan GAMKI bersama Wali Kota Medan, Bobby Nasution (IDN Times/Istimewa)

Karena itu, Jokowi berharap, DPP GAMKI bisa ikut serta menebar perdamaian, khususnya di Medan.

"Maka saya minta DPP GAMKI untuk ikut mendinginkan situasi di lapangan. Kalau ada hal-hal yang panas, ikut menyejukkan," minta Jokowi.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/_-OnLj0kmf4

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya