Jokowi Bertolak ke Tanah Air Usai 5 Hari Kunjungan ke Afrika

Jokowi hadiri KTT BRICS

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo kembali ke Tanah Air usai melaksanakan rangkaian kunjungannya selama lima hari di kawasan Afrika melalui Bandar Udara Internasional O.R. Tambo, Johannesburg, Republik Afrika Selatan, Kamis (24/8/2023).

Pesawat Garuda Indonesia (GIA-1) yang membawa Presiden dan delegasi lepas landas sekitar pukul 14.35 waktu setempat (WS) atau pukul 19.35 WIB.

Tampak melepas Presiden di bandar udara yaitu Menteri Kehutanan, Perikanan, dan Lingkungan Afrika Selatan Barbara Creecy, Manajer Senior Departemen Hubungan Internasional dan Kerjasama (DIRCO) Afrika Selatan Sindiswa Mququ, Duta Besar RI untuk Republik Afrika Selatan Saud Purwanto Krisnawan beserta istri, serta Atase Pertahanan RI di Pretoria Kol. Mar. Burhanudin beserta istri.

1. Jokowi akan mendarat di Bandara Kualanamu pagi ini

Jokowi Bertolak ke Tanah Air Usai 5 Hari Kunjungan ke AfrikaPresiden Jokowi seusai melakukan kunjungan ke Benua Afrika. (Dok. IDN Times/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jokowi dan rombongan diperkirakan akan tiba di Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatra Utara pada Jumat (25/8/2023).

Sementara itu, turut mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Tanah Air yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Baca Juga: Jokowi Tegaskan Indonesia Masih Kaji Keanggotaan BRICS

2. Jokowi kaji untuk jadi anggota BRICS

Jokowi Bertolak ke Tanah Air Usai 5 Hari Kunjungan ke AfrikaPresiden Jokowi dan rombongan akan bertolak ke Afrika. (Dok. IDN Times/Youtube Setpres)

Sebelumnya, Presiden Jokowo menegaskan, Indonesia masih akan mengkaji serta memempertimbangkan keikutsertaannya menjadi anggota BRICS.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden dalam keterangannya usai menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS ke-15 yang digelar di Sandton Convention Center, Johannesburg, Republik Afrika Selatan, pada Kamis (24/8/2023).

“Kiga ingin mengkaji terlebih dahulu, mengkalkulasi terlebih dahulu, kita tidak ingin tergesa-gesa,” ucapnya.

3. Jokowi sebut hubungan Indonesia dengan BRICS sudah sangat baik

Jokowi Bertolak ke Tanah Air Usai 5 Hari Kunjungan ke AfrikaPresiden Jokowi akan bertolak ke Afrika dan akan berkunjung ke empat negara. (Dok. IDN Times/Youtube Setpres)

Menurut Jokowi, hubungan Indonesia dengan negara-negara anggota BRICS saat ini sudah dinilai sangat baik khususnya dalam bidang ekonomi.

“Hubungan kita dengan kelima anggota BRICS juga sangat baik dan terutama di bidang ekonomi,” ungkapnya.

Selain itu, Kepala Negara juga menyampaikan, salah satu proses yang harus dilalui untuk menjadi anggota baru BRICS adalah dengan menyampaikan surat expression of interest. Presiden mengungkapkan bahwa hingga saat ini Indonesia belum menyampaikan surat tersebut.

“Untuk menjadi anggota baru dari BRICS suatu negara harus menyampaikan surat expression of interest, semua harus menyampaikan surat itu, dan sampai saat ini memang Indonesia belum menyampaikan surat tersebut,” kata dia.

Baca Juga: Jokowi: BRICS Bisa Jadi Garda Terdepan Perjuangkan Keadilan Dunia

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya