Kapolri Pastikan TNI-Polri Solid Amankan KTT ASEAN

Pengamanan KTT ASEAN bisa membuat citra Indonesia baik

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan TNI-Polri siap mengamankan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“TNI dan Polri siap untuk melaksanakan rangkaian kegiatan pengamanan yang akan diselenggarakan mulai tanggal 7 Mei sampai dengan selesai nanti," kata dia, usai memimpin Apel Gelar Pasukan di NTT, Sabtu (6/5/2023).

1. Pengamanan dimulai dari kedatangan delegasi

Kapolri Pastikan TNI-Polri Solid Amankan KTT ASEANPresiden Jokowi hadir di acara KTT ASEAN dan Republk Korea (RoK) ke-23 di Kamboja (dok. Sekretariat Presiden)

Kapolri mengatakan TNI-Polri beserta stakeholder terkait lainnya akan melakukan pengamanan dan penjagaan mulai dari proses kedatangan delegasi hingga kegiatan utama dari event internasional tersebut.

"Ada beberapa event utama dan event tambahan yang tentunya semua harus berjalan dengan aman dan lancar," ujar Sigit.

Baca Juga: Hidangan Laut Jadi Suguhan Utama KTT ASEAN 2023

2. Citra Indonesia bakal baik jika KTT ASEAN berjalan aman

Kapolri Pastikan TNI-Polri Solid Amankan KTT ASEANKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama dengan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). (Dok. Humas Polri)

Menurut Sigit, Indonesia akan disegani di kancah internasional dengan adanya pengamanan yang optimal.

KTT ASEAN diharapkan dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang baik untuk Indonesia maupun negara lainnya.

"Tentunya dengan penyelenggaraan yang sukses dan pengamanan yang baik akan membawa posisi Indonesia mencapai posisi yang tentunya disegani di kawasan internasional,” ucap dia.

3. TNI-Polri siap menghadapi berbagai ancaman

Kapolri Pastikan TNI-Polri Solid Amankan KTT ASEANKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama dengan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). (Dok. Humas Polri)

TNI-Polri, lanjutnya, siap menghadapi berbagai macam ancaman, mulai dari masalah kriminalitas, kendala pada saat di rute, masalah teroris, masalah unjuk rasa selama pelaksanaan KTT ASEAN.

"Tentunya ini menjadi kesepakatan bahwa TNI-Polri solid dan bersinergi serta siap untuk melaksanakan pengamanan KTT ASEAN 2023," ujar dia.

4. KTT ASEAN digelar di Labuan Bajo

Kapolri Pastikan TNI-Polri Solid Amankan KTT ASEANThe Luxury Collection di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (IDN Times/Istimewa)

Labuan Bajo ditunjuk oleh pemerintah untuk menjadi tuan rumah perhelatan konferensi tingkat tinggi. Pekan depan, KTT ASEAN ke-42 bakal digelar di Labuan Bajo, NTT pada 10-11 Mei 2023.

Berbagai persiapan pun sudah dilakukan untuk menyambut delegasi dari 10 negara ASEAN serta Timor Leste.

Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Wayan Giri Adnyani mengungkapkan alasan mengapa Labuan Bajo dipilih. Menurutnya, banyak sisi cantik dari Indonesia yang tidak melulu soal Bali.

“Indonesia punya banyak lokasi dan destinasi cantik dan berkualitas, salah satunya Labuan Bajo,” kata Giri.

Adapun juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah menjelaskan ada beberapa isu yang akan dibawa pada KTT ASEAN.

Penguatan kerja sama perlindungan pekerja migran, arsitektur kesehatan kawasan, dan peningkatan pembangunan kawasan perdesaan menjadi prioritas capaian Indonesia atau deliverables Indonesia pada KTT ke-42 ASEAN 2023, di Labuan Bajo, NTT.

“Isu prioritas tersebut, selain sejalan dengan Pilar Epicentrum of Growth dalam Keketuaan Indonesia 2023, juga akan memperkuat Pilar Sosial Budaya ASEAN secara umum,” kata dia.

Baca Juga: 12 Ribu Personel Gabungan Amankan KTT ASEAN di Labuan Bajo NTT

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya