Kasus Dugaan Pemerasan oleh Pimpinan KPK, Kombes Irwan Buka Suara

IPW sebut Kombes Irwan Anwar jadi saksi kunci

Jakarta, IDN Times - Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar buka suara terkait kabar dirinya diperiksa Polda Metro Jaya, dalam kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Irwan tak banyak menjawab pertanyaan wartawan, ia hanya meminta supaya kabar tersebut dikonfirmasi ke penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya.

“Tanya penyidik saja, tanya ke penyidik saja,” kata dia saat dihubungi, Selasa (10/10/2023).

Baca Juga: IPW Bocorkan Hubungan Irwan Anwar dengan Syahrul Limpo-Firli Bahuri

1. Kata Polda Jawa Tengah terkait pemanggilan Irwan hari ini

Kasus Dugaan Pemerasan oleh Pimpinan KPK, Kombes Irwan Buka SuaraIrwan Anwar (x.com/HumasTabesSmg)

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol. Satake Bayu Setianto  mengaku belum mengetahui terkait informasi, apakah Kombes Irwan Anwar diperiksa kembali hari ini oleh Polda Metro Jaya.

“Belum monitor, nanti saya cek,” kata dia.

Kendati demikian, Satake mengatakan, Irwan Anwar sempat ke Jakarta untuk memenuhi panggilan Polda Metro Jaya guna menyampaikan keterangan.

“Intinya Kapolrestabes ada panggilan oleh Polda Metro Jaya, makanya yang bersangkutan ke Jakarta untuk menyampaikan keterangan,” kata dia.

2. Irwan diperiksa sebagai saksi di kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK

Kasus Dugaan Pemerasan oleh Pimpinan KPK, Kombes Irwan Buka SuaraDirektur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, KombesPolAde, AdeSafriSimanjuntak, Ade Safri Simanjuntak

Sebelumnya, Ditreskrimsus Polda Metro Jaya memeriksa Kombes Irwan Anwar sebagai saksi dalam kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK ke Syahrul Yasin Limpo.

Direktur Reskrimsus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menyebut, Kombes Irwan diperiksa sebagai saksi dalam proses penyelidikan.

"Benar (Irwan) salah satu saksi yang sudah dilakukan klarifikasi di tahap penyelidikan," kata Ade.

Ade tak mengungkapkan keterangan apa yang digali oleh penyidik terhadap Irwan, dalam proses pemeriksaan kasus dugaan pemerasan tersebut.

Ade hanya menyampaikan, penyidik nantinya akan kembali memanggil Irwan sebagai saksi dalam proses penyidikan perkara ini.

“Setelah tahap sidik (penyidikan) ini, akan diagendakan pemanggilan terhadap yang bersangkutan untuk dimintai keterangan sebagai saksi," ucap dia.

3. IPW sebut Irwan jadi saksi kunci

Kasus Dugaan Pemerasan oleh Pimpinan KPK, Kombes Irwan Buka SuaraKetua IPW (tengah) Sugeng Teguh Santoso ketika memberikan klarifikasi ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR pada Kamis (25/8/2022). (IDN Times/Santi Dewi)

Sementara itu, Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso mengatakan, keterangan Irwan sangat strategis dalam kasus ini. Ia bahkan menjadi saksi kunci dalam kasus ini.

“Dia bisa menjerat pimpinan KPK dengan keterangannya, atau bisa menjadi martir menahan posisi nanti menjadi tersangka pada dirinya. Oleh karena itu, sangat strategis keterangan dari kombes Irwan Anwar,” kata Sugeng.

Baca Juga: Profil Kombes Irwan Anwar, Saksi di Kasus Pemerasan Pimpinan KPK

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya