Kebakaran Rumah Gang Kober Jakpus, 2 Lansia Tewas 

Polisi masih dalami penyebab kebakaran

Jakarta, IDN Times - Polisi masih mendalami penyebab kebakaran rumah di Jalan Gang Kober, Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat. Dalam peristiwa itu, Siti Hajar (70) dan Tisna Amsari (83) dilaporkan meninggal dunia.

“Kalau yang terakhir ditemukan itu memang terjebak dan kondisinya sudah rentan sekali, sudah cukup berumur. Kalau yang pertama itu dugaan karena asap sesak napas, orang tua juga,” kata Kapolres Matro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin, kepada wartawan, Kamis (24/8/2023).

1. Polisi segara lakukan olah TKP dalami penyebab kebakaran

Kebakaran Rumah Gang Kober Jakpus, 2 Lansia Tewas Ilustrasi Penanganan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Komarudin menjelaskan, pihaknya saat ini masih melakukan pendalaman untuk mencari sumber api. Informasi awal penyebab kebakaran berasal dari gas di salah satu rumah warga.

Dia mengatakan, tim laboratorium forensik (labfor) segera melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Saat ini, tim identifikasi masih berada di lapangan. Kemudian, sebagian warga juga masih ada yang bolak-balik mencari barang-barang yang mungkin bisa diselamatkan.

“Rencananya besok ataupun lusa diagendakan tim labfor kita turunkan juga untuk mengecek,” kata dia.

Baca Juga: Kebakaran Hutan di Yunani dan Turki, WNI Diminta Waspada 

2. Sebanyak 156 kepala keluarga terdampak kebakaran

Kebakaran Rumah Gang Kober Jakpus, 2 Lansia Tewas Ilustrasi (Dok. IDN Times)

Berdasarkan data sementara, sebanyak 156 kepala keluarga (kk) terdampak dari empat rukun tetangga (RT) akibat kebakaran.

“Masih terus kita lakukan pendalaman karena yg terdampak cukup luas dan banyak. Ada empat RT tercatat mulai dari RT 2 sampai dengan RT 5. Itu juga ada data sementara ada 156 KK,” kata dia.

3. Kebakaran melanda permukiman di Gang Kober Jakpus

Kebakaran Rumah Gang Kober Jakpus, 2 Lansia Tewas Kebakaran terjadi di Gudang C Dunex, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara. (dok. Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta)

Sebelumnya, Kebakaran terjadi di Jalan Gang Kober, Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat. BPBD melaporkan, peristiwa ini terjadi pada Rabu (23/8/2023) 2023 mulai pukul 20.20 WIB.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, kebakaran melanda permukiman warga. Pihaknya belum mendapat laporan lengkap soal warga yang menjadi korban. 

Isnawa mengatakan, sebanyak 12 unit mobil pemadam kebakaran telah dikerahkan untuk memadamkan api.

Baca Juga: Bencana Kebakaran di PPU Terjadi Dua Kali dalam Sehari 

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya