Kuasa Hukum: 3 Saksi Dikonfrontir di Kasus Body Checking Miss Universe

3 saksi bakal dikonfrontir dengan keterangan terlapor

Jakarta, IDN Times - Polisi masih terus mendalami kasus dugaan pelecehan seksual terhadap finalis Miss Universe Indonesia 2023 setelah mengaku diminta berfoto tanpa mengenakan busana. Terbaru, polisi akan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi-saksi pada Jumat (29/9/2023).

Kuasa Hukum sejumlah finalis Miss Universe Indonesia, Mellisa Anggraini, mengatakan, ada tiga orang saksi yang dipanggil oleh penyidik Subdit Renakta Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Mellisa mengatakan, para saksi akan dikonfrontir secara tidak langsung terkait pernyataan yang telah disampaikan oleh para terlapor seputar body checking.

“Semacam konfrontir terkait beberapa peristiwa terutama kejadian body checking,” kata Mellisa di Polda Metro Jaya.

Baca Juga: KPPPA Harap Indonesia Tak Kirim Finalis ke Miss Universe Internasional

1. Bawa sejumlah barang bukti

Kuasa Hukum: 3 Saksi Dikonfrontir di Kasus Body Checking Miss UniverseKuasa Hukum 7 Finalis Miss Universe Indonesia 2023, Mellisa Anggraini diperiksa polisi terkait dugaan pelecehan seksual yang dialami kliennya usai difoto tanpa busana. (IDN Times/Amir Faisol)

Untuk memenuhi pemeriksaan, Mellisa mengatakan, pihaknya membawa sejumlah barang bukti antara lain foto hingga hasil pemeriksaan kondisi psikologis korban.

“Ada beberapa capture-an foto, ada beberapa terkait dengan psikologis juga dari Unit PPA yang ingin menyampaikan bagaimana kondisi psikologis dari korban pascakejadian itu,” kata dia.

Baca Juga: Merasa Dicatut di Video Prabowo Bagi-Bagi Uang, MAKI Lapor Polisi

2. Lokasi Body Checking Miss Universe Indonesia ditutup tirai portable

Kuasa Hukum: 3 Saksi Dikonfrontir di Kasus Body Checking Miss UniversePotret Top 5 Miss Universe Indonesia 2023 (Instagram.com/missuniverse_id)

Sebelumnya, polisi mengecek salah satu hotel di kawasan Jakarta Pusat untuk mendalami dugaan pelecehan seksual yang dialami Finalis Miss Universe Indonesia 2023 setelah difoto tanpa busana.

Pelaksana Harian (Plh) Subdit Renakta Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kompol Yuliansyah, mengatakan, setelah mengecek hotel, ditemukan bahwa pemeriksaan tubuh atau body checking terhadap para finalis ajang kecantikan ini dilakukan di ballroom hotel dengan ditutup tirai portable.

“Lokasi body checking ada di pojokan dan ditutup seperti tirai portable,” kata Yuliansyah.

Baca Juga: Bocah di Depok Tewas Usai Dicabuli Kakek 70 Tahun

3. Proses body checking dilihat tiga orang laki-laki

Kuasa Hukum: 3 Saksi Dikonfrontir di Kasus Body Checking Miss UniverseDireskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi. (IDN Times)

Sementara, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi, menuturkan, berdasarkan keterangan pelapor, pemeriksaan tubuh atau body checking para finalis Miss Universe Indonesia dilakukan orang yang bukan ahlinya dan tidak memiliki kapasitas.

Tidak hanya itu, pemeriksaan tubuh terhadap para finalis ajang kecantikan itu juga dilihat tiga orang laki-laki dan satu orang perempuan.

“Menurut keterangan pelapor, di sana ada 3 orang laki-laki, kemudian juga ada satu orang perempuan sekitar beberapa saksi yang lain,” kata dia.

Baca Juga: Polisi Dalami Akun Game Roblox Anak Perwira TNI AU yang Tewas Terbakar

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya