Latar Belakang WNA Korsel Terduga Pelaku Tewasnya Petugas Imigrasi

Sempat ditahan selama 3 tahun

Jakarta, IDN Times - Polisi mengungkap latar belakang seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Korea Selatan berinisial KH yang ditangkap terkait tewasnya petugas Imigrasi di Tangerang.

Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi mengatakan, KH sempat ditahan di rumah detensi Kantor Imigrasi Jakarta Barat selama tiga tahun.

"Latar belakang pelaku juga pernah ditahan di rumah detensi imigrasi Jakarta Barat selama 3 tahun, ini kita dalami juga," kata Hengki saat ditemui di Polda Metro Jaya, Jumat (27/10/2023).

1. Polisi masih mendalami motif, sehingga belum simpulkan kasus ini

Latar Belakang WNA Korsel Terduga Pelaku Tewasnya Petugas ImigrasiDirrreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi memberikan keterangan tewasnya petugas imigrasi di Tangerang. (IDN Times/Amir Faisol)

Lebih lanjut, Hengki mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap terduga pelaku. Penyidik juga masih mendalami apa motif sebenarnya yang terjadi dalam kasus ini.

Hengki mengatakan, penyidik masih terus bekerja untuk mengungkap kejadian yang sebenarnya sebelum petugas imigrasi tersebut jatuh dari lantai 19 Apartemen Metro Garden, Parung Jaya, Kota Tangerang.

"Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama kita dapat simpulkan tentang kejadian yang sebenarnya terjadi dalam kasus tersebut," kata dia.

Baca Juga: Cara Beli Tiket dan Tips Liburan ke Namsan Tower di Korea Selatan

2. Polisi sebut terduga pelaku sempat ancam satpam

Latar Belakang WNA Korsel Terduga Pelaku Tewasnya Petugas ImigrasiDireskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi. (IDN Times/Amir Faisol)

Hengki mengatakan, KH sempat mengancam petugas keamanan dengan senjata tajam sebelum diamankan. Terduga pelaku juga sempat mengurung diri didalam kamar.

Namun, pihaknya berhasil mengamankan terduga pelaku usai mendatangkan negosiasiator dan tim gegana.

“Karena kita tidak tahu selain senjata tajam ada apa di dalam. Kemudian dengan negosiasi yang bersangkutan mau menyerahkan diri didampingi tim Kedutaaan Korea,” kata dia.

3. Polisi periksa sebanyak enam orang saksi

Latar Belakang WNA Korsel Terduga Pelaku Tewasnya Petugas ImigrasiIlustrasi Garis Polisi (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Sementara itu, Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho menambahkan, pihaknya telah memeriksa sejumlah saksi berkaitan dengan kasus tersebut.

“Kita juga ada beberapa saksi yang kita saat ini kita bawa ke Polda 1 orang. Dan di polsek ada 5 orang,” ucap Zain.

Kendati demikian, Zain belum merinci identitas para saksi tersebut. Ia hanya memastikan saat ini pihaknya tengah mencari penyebab pasti tewasnya petugas imigrasi pada Jumat pagi tadi.

“Jadi mohon waktu, kita masih bekerja. Jadi untuk. Nantinya kepastian penyebab jatuhnya seseorang tersebut, nanti kita akan update lagi,” kata Zain.

Zain menegaskan, kasus tewasnya petugas imigrasi ini saat ini tengah ditangani oleh Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

“Saat ini penanganan lebih lanjut di Ditreskrimum Polda Metro Jaya,” ujarnya.

Baca Juga: Pelaku Pembunuhan Karyawati di Jakbar Mengidap Skizofrenia Paranoid

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya