Manajemen LRT Jabodebek Minta Maaf Usai AC Bocor di Trainset 18

Manajemen dalami penyebab kebocoran AC

Jakarta, IDN Times - Manajemen Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek angkat suara terkait gangguan AC yang bocor, hingga mengguyur bagian dalam gerbong kereta.

Kepala Humas LRT Jabodebek Kuswardojo mengatakan, insiden AC bocor ini terjadi di trainset 18 bagian belakang.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan,” kata Kuswardojo dalam keterangannya, Sabtu (23/9/2023).

Dia mengatakan, saat ini trainset 18 yang mengalami kebocoran AC ini telah diganti dengan trainset lainnya di Jatimulya.

“TS (trainset) 18 yang mengalami kebocoran AC sudah diganti dengan TS (trainset) lainnya di Jatimulya,” kata Kuswardojo.

Baca Juga: Kemenhub Bakal Tambah Rangkaian Kereta LRT Jabodebek

1. Manajemen identifikasi penyebab insiden ini

Manajemen LRT Jabodebek Minta Maaf Usai AC Bocor di Trainset 18LRT Jabodebek akan beroperasi pada 26 Agustus 2023 mendatang. (dok. Kemenhub)

Kuswardojo mengatakan, trainset 18 yang mengalami kebocoran AC ini telah dibawa ke Depo. Pihaknya langsung melakukan perbaikan.

“TS (trainset) 18 kami bawa ke Depo untuk dicari penyebabnya dan dilakukan perbaikan,” kata dia.

2. Menteri BUMN minta masyarakat jangan banyak mengeluh

Manajemen LRT Jabodebek Minta Maaf Usai AC Bocor di Trainset 18Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. (IDN Times/Tino).

Sejak awal beroperasi, LRT Jabodebek berulang kali mengalami masalah, mulai dari masalah pada gate, mati listrik kereta, pintu tak bisa tertutup, dan sebagainya. Keluhan penumpang LRT Jabodebek membanjiri media sosial.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, Indonesia baru pertama kali memiliki LRT, sehingga perlu penyesuaian.

"Ini kan karya anak bangsa, kita baru pertama kali punya LRT ya, pasti ada transisi waktu lah," kata Erick.

Erick meminta agar masyarakat tak mengeluh secara terus-menerus. Dia meminta masyarakat mendukung kendaraan umum buatan dalam negeri.

"Kita jangan jadi bangsa yang dikit-dikit ngeluh, dikit-dikit ngeluh, akhirnya apa? Ketika polusi udara seperti hari ini ngambek, tapi mendukung buatan Indonesia, memakai kendaraan publik ngambek," tutur Erick.

3. Awal beroperasi LRT Jabodebek mengalami sejumlah masalah

Manajemen LRT Jabodebek Minta Maaf Usai AC Bocor di Trainset 18Depo LRT Jabodebek di Stasiun Jati Mulya, Bekasi Timur, Jawa Barat. (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

LRT Jabodebek resmi beroperasi pada Senin (28/8/2023). Pada hari kedua beroperasi, ada sejumlah penumpang yang gagal tap in di gate Stasiun Cikoko.

Kemudian, pada hari ketiga beroperasi, terjadi insiden mati listrik sebanyak dua kali, dan kereta berhenti mendadak sebanyak tiga kali pada perjalanan rute Jati Mulya-Dukuh Atas.

LRT Jabodebek rute ke Bekasi juga sempat mengalami masalah pada pengumuman keberangkatan di kereta yang berbeda dengan pengumuman di stasiun. Hal itu menimbulkan banyak penumpang yang kebingungan dan turun dari kereta karena takut salah memilih rute.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya