Masuk Musim Hujan, Jokowi Instruksikan BNPB Waspada

Menanam pohon untuk perubahan iklim

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menginstruksikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk waspada terhadap masuknya musim hujan. Jokowi mengatakan perubahan cuaca sangat ekstrem saat ini.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi setelah menjalani kegiatan penanaman pohon di hutan kota di Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu (29/11/2023).

"Semuanya waspada, BNPB di pusat maupun daerah (BPBD) waspada," ujarnya. 

Baca Juga: KPK Temukan Bukti Dugaan Korupsi saat Geledah BNPB dan Rumah Tersangka

1. Beberapa daerah sudah mengalami banjir

Masuk Musim Hujan, Jokowi Instruksikan BNPB WaspadaIlustrasi bencana banjir. ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Kepala Negara menyampaikan beberapa daerah telah mengalami banjir akibat tingginya hujan yang terjadi di daerah tersebut. Oleh karena itu, Jokowi meminta semua pihak waspada.

"Kalau musim hujan pasti beberapa titik di daerah sudah mengalami banjir saya kira kita semuanya harus waspada karena hujannya sekarang ini hujannya, kalau pas panas, panasnya ekstrem, kalau hujan, hujannya sudah ekstrem," kata dia.

Baca Juga: Masa Kampanye Pemilu 2024 Dimulai, Pesan Jokowi: Silakan Adu Gagasan

2. Ajak masyarakat menanam pohon tanggulangi banjir

Masuk Musim Hujan, Jokowi Instruksikan BNPB WaspadaPresiden Jokowi menanam pohon bersama 34 gubernur di Titik 0 Km IKN (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi juga mengajak masyarakat menanam pohon di sekitar lingkungannya masing-masing. Hal itu demi menanggulangi perubahan cuaca ekstrem yang dapat menimbulkan bencana hidrometeorologi.

Pemerintah, kata Jokowi, telah menanam pohon di 900 titik di kawasan Jabodetabek. Memasuki musim hujan ini, pemerintah akan gencar melakukan penanaman pohon. 

"Selain itu, saya sekali lagi mengajak seluruh masyarakat untuk menanam pohon apa pun di lingkungan masing-masing. Pohon apa pun," kata dia.

Baca Juga: Bogor dan Majalengka Jadi Daerah Rawan Tertinggi Bencana di Jabar

3. Kegiatan penanaman pohon untuk atasi masalah perubahan iklim

Masuk Musim Hujan, Jokowi Instruksikan BNPB WaspadaIlustrasi Polusi Udara. (IDN Times/Anata)

Kepala Negara mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini banyak memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya menanggulangi masalah polusi udara yang telah dirasakan masyarakat di Jakarta dalam beberapa bulan terakhir.

"Kegiatan penanaman pohon ini tidak hanya hari ini saja tapi akan dilakukan serentak bersama-sama di seluruh provinsi di Indonesia dalam rangka perubahan iklim, dalam rangka pemanasan global dalam rangka mengatasi polusi yang sudah kita rasakan nyata terjadi dan kita rasakan semuanya," ucapnya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya