Masa Kampanye Pemilu 2024 Dimulai, Pesan Jokowi: Silakan Adu Gagasan

Hadapi pesta demokrasi dengan penuh senyuman

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memberikan pesan khusus untuk pelaksanaan masa kampanye nasional pada pemilihan umum (pemilu) 2024 yang sudah dimulai sejak Selasa, 28 November 2023 kemarin.

Jokowi mengajak semua pihak untuk merayakan pesta demokrasi lima tahunan ini dengan damai, aman, penuh kegembiraan, dan penuh senyuman.

"Kita laksanakan pesta demokrasi ini dengan kita bersama-sama, berharap pesta demokrasi ini semuanya kita jalani dengan damai, aman, penuh dengan senyum, penuh dengan kegembiraan," kata Jokowi kepada wartawan di industri Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu (29/11/2023).

1. Jokowi minta ketiga paslon saling adu gagasan

Masa Kampanye Pemilu 2024 Dimulai, Pesan Jokowi: Silakan Adu GagasanPresiden Joko Widodo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Kepala Negara juga mengajak terhadap masing-masing ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk saling beradu gagasan pada pemilu 2024 untuk kemajuan Indonesia.

"Silakan adu gagasan, adu ide tapi tetap dengan senyum dan gembira," kata dia.

Baca Juga: Relawan Gibran Berkopiah Incar Suara NU Menangkan Prabowo-Gibran

2. Tiga paslon deklarasikan pemilu tanpa hoaks

Masa Kampanye Pemilu 2024 Dimulai, Pesan Jokowi: Silakan Adu GagasanDeklarasi Pemilu Damai (IDN Times/Aryodamar)

Ketiga calon presiden dan calon wakil presiden membacakan naskah deklarasi kampanye pemilu damai di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Senin (27/11/2023). Melalui deklarasi ini, diharapkan pasangan calon beserta timnya akan mewujudkan kampanye yang berintegritas dan tak menyebarkan hoaks.

Naskah deklarasi dibacakan langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy'ari. Pernyataan itu diucapkan ulang oleh tiga capres, cawapres, dan perwakilan partai politik. Deklarasi itu turut disaksikan oleh Jaksa Agung, Kapolri hingga Panglima TNI.

"Mohon pasangan capres-cawapres dan perwakilan partai politik mengikuti secara bersama-sama," ujar Hasyim sore ini di KPU.

"Peserta pemilu, satu, mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil," tutur dia lagi.

Poin kedua di dalam deklarasi yaitu melaksanakan kampanye pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoaks, tanpa politisasi SARA dan politik uang.

"Ketiga, melaksanakan kampanye pemilu berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 27 November 2023," katanya.

Deklarasi serupa sudah diucapkan dan diteken pula oleh ketiga capres dan cawapres di rapat koordinasi nasional Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Badan Pengawas Pemilu pada pagi tadi. Ketiga capres dan cawapres pun turut membubuhkan tanda tangan di prasasti deklarasi.

3. Masa kampanye berlangsung 75 hari jadi yang tersingkat dalam sejarah

Masa Kampanye Pemilu 2024 Dimulai, Pesan Jokowi: Silakan Adu GagasanCalon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan saat menyapa warga Kampung Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara, Selasa (28/11/2023). (IDN Times/Amir Faisol)

Untuk diketahui, masa kampanye pemilu 2024 telah dimulai pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 yang akan datang. Ini menjadi masa kampanye tersingkat dalam sejarah pemilu yakni 75 hari.

Tak semua paslon langsung berkampanye di hari pertama. Capres nomor urut dua, Prabowo Subianto memilih tetap bekerja di hari pertama kampanye. Begitu juga Gibran. Ia masih memilih bekerja sebagai Wali Kota Solo.

Sementara, paslon nomor urut 3 berkampanye secara terpisah. Ganjar Pranowo berkampanye di Merauke. Sedangkan, Mahfud terbang ke Sabang, Aceh.

Kemudian, paslon nomor urut 1 juga berkampanye di lokasi yang berbeda. Anies Baswedan memulai kampanye dimulai dari Kampung Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara. Sedangkan, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin berkampanye di Jawa Timur.

Baca Juga: Profil Zinedine Alam Ganjar, Putra Ganjar Pranowo yang Berprestasi

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya