Mudik 2023, Polda Metro Bakal Tingkatkan Patroli Saat Jakarta Lengang 

Rumah mewah dan indekos rawan jadi incaran maling

Jakarta, IDN Times - Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto memastikan, pihaknya akan meningkatkan patroli saat Jakarta lengang di musim Mudik Lebaran 2023.

“Kami akan meningkatkan intensitas patroli dan daerah-daerah mana yang banyak ditinggalkan oleh masyarakat,” kata Karyoto ditemui di Monas, Jakarta Pusat, Senin (17/4/2023).

Baca Juga: Mudik Naik Vespa Matic, Cek Dulu Komponen-Komponen Ini

1. Polisi tidak ikut cuti

Mudik 2023, Polda Metro Bakal Tingkatkan Patroli Saat Jakarta Lengang Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto dan istri Linna Iskandar Karyoto tiba di Mapolda Metro Jaya. Keduanya akan melakukan kegiatan pisah sambut setelah resmi menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya. (IDN Times/Amir Faisol)

Pada momen Lebaran nanti, Karyoto menegaskan, anggota kepolisian tidak cuti. Kecuali ada keluarga anggota sedang sakit atau ada insiden tertentu yang dihadapi.

Dengan demikian, Polda Metro Jaya siap melakukan patroli selama perayaan Idul fitri 2023.

Selain itu, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan satuan-satuan pengamanan di perumahan untuk meningkatkan patroli pengamanan.

“Kami sudah perintahkan kepada semua aparat yang di bawah itu berkoordinasi dengan satuan-satuan pengamanan,” ujar dia.

2. Potensi kerawanan gangguan Kamtibmas

Mudik 2023, Polda Metro Bakal Tingkatkan Patroli Saat Jakarta Lengang Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto. (IDN Times/Amir Faisol)

Menurut Karyoto, setiap wilayah Polres pasti memiliki potensi gangguan keamanan. Khususnya di lokasi perumahan mewah. Selain itu, kos-kosan pasti menjadi incaran masyarakat yang punya niat jahat.

“Setiap perumahan mewah pasti rawan,” ujar dia.

Baca Juga: Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Lepas 284 Bus Mudik Gratis

3. Penitipan kendaraan di kantor polisi

Mudik 2023, Polda Metro Bakal Tingkatkan Patroli Saat Jakarta Lengang Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko (IDN Times/Amir Faisol)

Sebelumnya, mapolsek yang berada di bawah wilayah hukum Polda Metro Jaya juga membuka layanan penitipan barang berharga selama momen Lebaran Idul Fitri 2023.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, pihaknya berupaya untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang akan mudik ke kampung halaman pada momen Lebaran nanti.

Kendati demikian, penitipan di sejumlah polsek itu tetap disesuaikan dengan ketersediaan lahan karena adanya keterbatasan lahan.

“Kami sudah membuka layanan penitipan barang berharga seperti kendaraan dan lain lain tentu melihat akomodasi yang tercukupi di polsek, karena memang terbatas,” ucap dia.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya