Polisi Gelar Perkara Ungkap Penyebab Kematian Ibu dan Anak di Cinere

Polisi sudah kantongi petunjuk

Jakarta, IDN Times - Polisi melakukan gelar perkara untuk mengungkap kasus penemuan kerangka mayat ibu berinisial GAH (64) dan anaknya, DAW (38), di salah satu perumahan elite Cinere, Depok, Jawa Barat, Kamis (5/10/2023).

Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Samian, menyampaikan gelar perkara akan dilakukan dengan melibatkan penyidik, ahli yang terkait, pengawas penyidik (wasidik), Inspektorat Pengawasan Daerah (Irwasda), dan Propam.

Dia mengatakan, tujuan gelar perkara itu dilakukan untuk mencari hasil-hasil pemeriksaan para ahli. Untuk mengungkap kasus ini, pihaknya telah melibatkan sejumlah ahli antara lain Inafis, Labfor, Kedokteran Forensik, RS Kramat Jati, IDI, RSCM, dan Apsifor.

"Iya dilakukan gelar perkara. Gelar untuk mencari, mengungkapkan hasil-hasil pemeriksaan ahli, akan diungkapkan di situ," kata Samian saat dihubungi, Kamis (5/10/2023).

1. Gelar perkara untuk mencari ada tidaknya pidana awal

Polisi Gelar Perkara Ungkap Penyebab Kematian Ibu dan Anak di CinereDireskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi. (IDN Times/Amir Faisol

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi, mengatakan pihaknya akan mendalami apakah ada ditemukan tindak pidana awal yang mendahului terjadinya kematian ibu dan anak itu.

"Ini kan pendalaman terus di dalami di dalami untuk mengetahui cause of death atau sebab kematian pasti," kata dia.

Baca Juga: Tulisan Misterius dalam Kasus Jenazah Ibu-Anak di Cinere

2. Polisi sudah kantongi petunjuk

Polisi Gelar Perkara Ungkap Penyebab Kematian Ibu dan Anak di CinereDireskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi. (IDN Times/Amir Faisol)

Mantan Kapolres Metro Jakarta Pusat itu menyampaikan, pihaknya sudah mengantongi petunjuk terkait kasus ini. Petunjuk itu kata dia mengarah terhadap kematian. Kendati demikian, hasil pemeriksaan patalogi anatomi baru selesai pada Rabu (4/10/2023) kemarin.

“Walaupun dari sisi lain kita sudah ada petunjuk mengarah terhadap analisis kematian. Kami umumkan segera tentang fenomena yang terjadi di Cinere," ujar dia.

3. Ibu dan anak ditemukan tinggal tulang di Depok

Polisi Gelar Perkara Ungkap Penyebab Kematian Ibu dan Anak di CinereLokasi rumah penemuan mayat ibu dan anak tewas tinggal tengkorak di dalam kamar mandi kawasan perumahan, Cinere, Kota Depok. (IDN Times/Dicky)

Warga beberapa waktu lalu menemukan dua jenazah ibu dan anak berinisial GAH (64) dan DAW (38), di salah satu perumahan elite Cinere, Depok, Jawa Barat. Sebelum menemukan dua jenazah itu, warga mencium bau busuk dari arah rumah tersebut.

Kepala Urusan Humas Polres Metro Depok, Iptu Made Budi, mengatakan warga memutuskan memeriksa asal muasal bau busuk itu karena penghuni rumah sudah sekitar satu bulan tak terlihat. Mayat ibu dan anak itu ditemukan di kamar mandi.

"Rumah korban terlihat gelap saat malam hari sehingga warga curiga dan memeriksa ke dalam rumah tersebut," ujarnya.

Baca Juga: Kronologi Penemuan Kerangka Ibu dan Anak di Perumahan Cinere Depok

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya