Polisi Kantongi Identitas Pelaku Pemalsuan Stiker Barcode QRIS

Polisi sebut pemalsuan dilakukan orang yang sama

Jakarta, IDN Times – Kepolisian sudah mengantongi pelaku pemalsuan stiker barcode Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di kotak amal di sejumlah masjid di wilayah Jakarta.

“Ya sudah teridentifikasi,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko saat dikonfirmasi, Selasa (11/4/2023).

Baca Juga: BI Blokir QRIS Penipuan Kotak Amal Masjid 

1. Dilakukan orang yang sama

Polisi Kantongi Identitas Pelaku Pemalsuan Stiker Barcode QRISPria terekam CCTV ganti stiker QRIS di kotak amal Masjid (instagram.com/merekamjakarta)

Trunoyudo menyatakan pelaku pemalsuan stiker barcode QRIS di sejumlah masjid di wilayah Jakarta dilakukan oleh satu orang yang sama. Kendati demikian, ia belum merinci lebih detil terkait pelaku.

Namun, dia mengatakan kasus ini telah ditangani oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya.

“Ditangani oleh Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya,” ujar dia.

Baca Juga: 50 Stiker Barcode QRIS Palsu Tertempel di Kotak Amal Masjid Istiqlal

2. Modus penipuan baru

Polisi Kantongi Identitas Pelaku Pemalsuan Stiker Barcode QRISIlustrasi penggunaan QRIS (IDN Times/Dokumen Qris.id)

Sebelumnya, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Irwandhy Idrus menyatakan, penipuan tersebut merupakan modus baru.

"Untuk saat ini indikasinya sudah lebih dari satu lokasi yakni Kebayoran Lama, Pancoran, Pondok Indah, dan Kalibata," ujar Irwandhy.

Kasus ini sempat viral di jejaring media sosial. Seorang pria terekam kamera CCTV mengganti stiker barcode QRIS yang digunakan sebagai akses pembayaran digital di kotak amal sebuah masjid di Jakarta Selatan. 

Melansir akun Instagram @merekamjakarta, pria berkemeja itu masuk ke masjid dan menempelkan banyak stiker di kotak amal masjid tersebut. Dari rekaman video terlihat kejadian itu terekam pada 6 April 2023.

Baca Juga: Viral! Seorang Pria Terekam CCTV Ganti Stiker QRIS Kotak Amal Masjid

3. 50 stiker barcode QRIS palsu tertempel di Masjid Istiqlal

Polisi Kantongi Identitas Pelaku Pemalsuan Stiker Barcode QRISJemaah melaksanakan salat di masjid Istiqlal. (IDN Times/Rochmanudin)

Selain di sejumlah masjid di Jakarta Selatan, stiker barcode QRIS palsu juga ditemukan di Masjid Istiqlal.

Wakil Ketua bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah membenarkan pihaknya menemukan puluhan stiker bardode QRIS palsu yang tertempel di kotak amal.

"Iya betul. Penempelan diketahui sekitar tiga hari yang lalu," kata Abu Hurairah saat dihubungi wartawan, Senin (10/4/2023).

Abu mengatakan penipuan modus baru tersebut diketahui oleh petugas Masjid Istiqlal. Saat itu, petugas timbul rasa kecerugiaan soal stiker itu di kotak amal masjid.

"Ada petugas kita yang curiga. Kok ada tulisan restorasi mesjid," ucapnya.

Setelah ditelusuri, Abu menyatakan ada sebanyak 50 stiker barcode QRIS kotak amal palsu yang ditempel di sekitar Masjid Istiqlal.

Setelahnya, petugas langsung mencopot dan menyerahkannya ke pihak bank yang tertera dalam kode bank tersebut. Dia mengatakan pengusutan kasus ini sepenuhnya diserahkan kepada pihank perbankan.

"Total ada 50 stiker. Kita serahkan ke pihak bank. Bank yang punya QRIS yang usut," tuturnya.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya