Profil SMAN 65 Jakarta, Aktif Lahirkan Generasi Peduli Tradisi

Tingkat penerimaan di perguruan tinggi capai 83 persen

Jakarta, IDN Times - SMAN 65 Jakarta terletak di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah yang cukup maju dan berada di peringkat ke-47 secara nasional.

SMAN 65 Jakarta juga termasuk ke dalam 20 sekolah negeri terbaik di Ibu Kota. 

Salah satu yang menarik dari sekolah ini adalah para siswa dikenalkan dengan tradisi budaya nusantara sejak dini. Pihak sekolah mengenalkan budaya nusantara melalui program kebudayaan dengan tujuan menghasilkan generasi yang peduli terhadap tradisi Indonesia.

Sayangnya, sejak dua tahun terakhir, program ini sempat vakum karena adanya pandemik COVID-19 yang berimbas pada pembelajaran jarak jauh.

“Ini di dalam rangka memelihara tradisi di Indonesia seperti tradisi budaya nusantara,” ujar Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 65 Jakarta, Saifulloh kepada IDN Times belum lama ini.

Saifulloh mengatakan, kegiatan ini digelar secara meriah dengan mengundang artis-artis dan seniman Ibu Kota supaya membangkitkan antusiasme peserta didik.

Baca Juga: Profil SMAN 78 Jakarta: Sekolah Melek Teknologi, Langganan Juara Debat

1. Sering menggelar pementasan

Profil SMAN 65 Jakarta, Aktif Lahirkan Generasi Peduli TradisiSMAN 65 Jakarta (IDN Times/Amir Faisol)

Selain itu, Saifulloh mengatakan SMAN 65 juga memiliki kelompok paduan suara yang cukup berprestasi. Kelompok paduan suara SMAN 65 bahkan sering mengadakan konser.

Tak tanggung-tanggung, konser digelar secara profesional bahkan tiket pertunjukan ini dijual secara variatif mulai dari kelas biasa hingga VIP.

“Terakhir 2020 kami mengadakan konser di daerah Setiabudi, Jakarta Selatan,” ujar dia.

Baca Juga: Profil SMAN 28 Jakarta, Kirim Lulusannya ke Universitas Luar Negeri

2. Memiliki program dakwah dan kajian keputrian

Profil SMAN 65 Jakarta, Aktif Lahirkan Generasi Peduli TradisiSMAN 65 Jakarta (IDN Times/Amir Faisol)

Tidak hanya itu, kata dia, SMAN 65 juga memiliki program ekstrakurikuler di bidang keagamaan, di antaranya bimbingan da’i remaja dan kajian keputrian 65.

Dia mengatakan, melalui bimbingan da’i remaja ini, siswa dibimbing untuk bisa berdakwah bahkan bisa naik mimbar. Program ini biasanya juga dilakukan di luar sekolah untuk menghasilkan generasi yang bisa menyebarkan nilai-nilai keagamaan.

Baca Juga: Profil SMA Labschool Kebayoran, Fokus Asah Akademik dan Karakter Murid

3. Tingkat penerimaan di perguruan tinggi mencapai 83 persen

Profil SMAN 65 Jakarta, Aktif Lahirkan Generasi Peduli TradisiSMAN 65 Jakarta (IDN Times/Amir Faisol)

Selain aktif di bidang nonakademik, Saifulloh mengatakan, siswa SMAN 65 juga cukup berprestasi bahkan tingkat penerimaan di perguruan tinggi negeri bisa mencapai 83 persen.

Rata-rata siswa yang telah lulus dari SMAN 65 bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri terbaik di seluruh Indonesia, seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Udayana hingga UI Syarif Hidayatullah.

“Kita memotivasi siswa kecenderungannya mau lanjut ke perguruan tinggi mana,” ujar dia.

Baca Juga: Profil SMA Kolese Kanisius, Sekolah Terbaik di Jakarta Pusat

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya