Sahabat: Shane Lukas Sederhana dan Jadi Tulang Punggung Keluarga

Terlibat di komunitas gereja

Jakarta, IDN Times - Sahabat terdakwa Shane Lukas, Elcio Aristo Farel Yesayes, menjadi saksi meringankan di persidangan kasus penganiayaan berat berencana terhadap David Ozora di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Dia mengungkapkan Shane Lukas berasal dari keluarga sangat sederhana. Ibunda Shane Lukas juga telah meninggal sekitar tahun 2020, sehingga saat ini dia hanya tinggal bersama ayahnya.

“Bagaimana kehidupan keluarga Shane?" tanya salah satu pengacara Shane Lukas, Daniel Sihombing, di persidangan, Kamis (27/7/2023).

Dia mengaku menjadi teman Shane Lukas sejak masih di bangku sekolah dasar (SD). Elcio mengungkapkan sahabatnya itu berasal dari keluarga yang sederhana.

"Sejak masih SD, hanya teman gereja dahulu. Kenal pak, sangat sederhana," jawab Aristo.

1. Teman komunitas di gereja

Sahabat: Shane Lukas Sederhana dan Jadi Tulang Punggung KeluargaMario Dandy dan Shane Lukas hadiri sidang AG di PN Jaksel pada Selasa (4/4/2023). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Aristo mengaku jarang bermain dengan Shane Lukas. Namun, sesekali dia pernah nongkrong dengan terdakwa. Elcio mengaku satu komunitas di gereja dengan terdakwa Shane sehingga saat nongkrong pun dilakukan bersama teman-teman gereja.

"Shane sering ke gereja. Ada komunitas di gereja, namanya Gerakan Pemuda. Desember atau November tahun lalu (terakhir bertemu), di rumahnya Shane. Kan saya sudah jarang ketemu dan Shane juga sudah bekerja waktu itu. Saya kangen kan, jadi mau main-main saja," tutur Aristo.

Baca Juga: Shane Lukas Peragakan Aksi Mario Dandy Tendang Kepala David

2. Shane jadi tulang punggung keluarga

Sahabat: Shane Lukas Sederhana dan Jadi Tulang Punggung KeluargaTersangka kasus penganiayaan David Ozora, Mario Dandy dan Shane Lukas setelah selesai menjalani pemeriksaan kesehatan di Biddokkes Polda Metro Jaya. (IDN Times/Amir Faisol)

Aristo juga mengungkapkan Shane Lukas merupakan tulang punggung keluarganya. Hal itu dilakukan karena orang tuanya sudah tidak bisa bekerja sejak pandemik COVID-19.

Shane sejatinya pernah bekerja di AEON Mall sebagai kasir. Dia juga pernah bekerja sebagai pengemudi ojek online. Namun, saat ini dia sudah tak lagi memiliki pekerjaan.

"Seumuran yah? Harusnya kan di umur segitu kuliah, saudara tahu kenapa dia pilih bekerja?" tanya pengacara Shane.

"Iya seumuran. Untuk menggantikan tulang punggung di rumah pak karena papanya sudah tak bekerja lagi," papar Aristo.

3. Shane terlibat kasus penganiayaan David Ozora

Sahabat: Shane Lukas Sederhana dan Jadi Tulang Punggung KeluargaShane Lukas jalani sidang perdana kasus penganiayaan terhadap Cristalino David Ozora pada Selasa (6/6/2023). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Shane terlibat dalam kasus penganiayaan berat terhadap David Ozora. Shane berperan mengawasi tempat kejadian perkara (TKP) penganiayaan terhadap David Ozora. Dia juga merekam proses penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy.

Dalam perkara ini, Shane didakwa dengan Pasal 353 ayat (2) KUHP mengenai penganiayaan berencana yang mengakibatkan luka berat dan Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP mengenai mereka yang melakukan, menyuruh, dan turut serta melakukan perbuatan kekerasan.

Kemudian, dakwaan primer kedua adalah Pasal 355 ayat (1) mengenai penganiayaan berat dilakukan dengan rencana lebih dulu dan Pasal 56 ayat (2) KUHP mengenai mereka yang sengaja memberi kesempatan, sarana, atau keterangan untuk melakukan kejahatan.

Baca Juga: Jika Tak Dilerai Shane Lukas, Mario Ngaku Masih Mau Hajar David Ozora

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya