TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Polri Libatkan Pecalang Amankan KTT AIS Forum 2023 di Bali

Polri juga melibatkan Paspampres, BNPT, BSSN, TNI dan BNPB

Karopenmas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan (IDN Times/Aryodamar)

Jakarta, IDN Times - Polri menyiapkan 4.083 personel dalam Operasi Tribrata Agung 2023 guna mengamankan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island State (AIS) Forum 2023 di Bali pada 10-11 Oktober 2023.

Kasatgas Humas Operasi Tribrata Agung 2023 Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, dalam pengamanan ini, Polri melibatkan TNI dan kementerian/lembaga lainnya, serta para pecalang.

"Kita melibatkan pecalang untuk turut serta dalam rangka menyukseskan kegiatan ini. Kita melakukan kemitraan bersama masyarakat," kata Ramadhan dalam keterangan tertulisnya, Minggu (8/10/2023).

Baca Juga: 7 Kepala Negara Dipastikan Hadir di KTT AIS Forum

1. Polri juga melibatkan Paspampres, BNPT, BSSN, TNI dan BNPB

Archipelagic and Island States Forum-AIS Forum Tahun 2022 di Nusa Dua, Bali. (Dok.IDN Times/Istimewa)

Ramadhan mengatakan, Polri mempunyai kewajiban agar penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023 berjalan aman dan lancar. Mengingat, 51 negara pulau dan kepulauan akan mengikuti KTT AIS Forum 2023 yang digelar pertama kali ini.

Para kepala negara, menteri dan setingkatnya serta para delegasi akan mengikuti KTT ini.

"Dalam rangka pengamanan kegiatan KTT AIS Forum 2023, Polri melakukan pengamanan dengan sandi Tribrata Agung. Ini terdiri dari Mabes Polri, Polda Bali, Paspampres, BNPT, BSSN, TNI, BNPB dan beberapa kementerian lainnya," ujar dia.

2. Pengamanan dilakukan sebelum, saat, dan setelah penyelenggaraan KTT AIS

Archipelagic and Island States Forum-AIS Forum Tahun 2022 di Nusa Dua, Bali. (Dok.IDN Times/Istimewa)

Ramadhan menuturkan, Operasi Tribrata Agung dalam rangka pengamanan KTT AIS Forum 2023 digelar selama enam hari mulai dari 8 hingga 13 Oktober 2023. Artinya, Polri melaksanakan pengamanan sebelum, saat, dan setelah penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023.

"Tentu dibuat suatu operasi dengan pimpinan Operasi Kaops yaitu Kakorlantas dan Kapolda Bali sebagai Wakaops, ada beberapa satgas seperti satgas preemtif, satgas preventif, satgas intelijen, satgas siber, satgas banops, satgas tindak, satgas humas dan lainnya. Semua ini kemampuan kita demi terwujudnya penyelenggaraan KTT AIS 2023 dengan aman, tertib dan lancar," katanya.

Baca Juga: AIS Forum Diharap Bisa Rumuskan Solusi Perubahan Iklim

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya