7 Kepala Negara Dipastikan Hadir di KTT AIS Forum

Acara ini digelar di Bali pada 10-11 Oktober 2023

Jakarta, IDN Times - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Forum Negara-Negara Pulau dan Kepulauan (Archipelagic and Island States/AIS Forum) akan digelar pertama kali pada 10-11 Oktober 2023, di Bali.

“Tujuh kepala negara/pemerintahan sudah konfirmasi yaitu dari Komoro, Mikronesia, Madagaskar, Niue, Papua Nugini, Sao Tome and Principe, serta Timor Leste,” kata Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri RI, Tri Tharyat, dalam jumpa pers di Kemlu RI, Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Sementara, Fiji dan Tonga akan diwakili oleh Deputi Perdana Menteri. Kepulauan Marshall, Seychelles, Singapura dan Solomon akan diwakili oleh menterinya.

Baca Juga: AS Janjikan Bantuan Ekonomi ke Kepulauan Pasifik untuk Masalah Iklim

1. Indonesia undang 51 negara

7 Kepala Negara Dipastikan Hadir di KTT AIS ForumDirektur Jenderal Kerja Sama Multilateral Kemlu RI, Tri Tharyat. (dok. Kemlu RI

Sebagai tuan rumah, Tri mengungkapkan bahwa Indonesia mengundang 51 negara partisipan dalam Forum AIS ini. Sebelumnya, telah dilaksanakan lima konferensi di tingkat menteri dan delapan pertemuan di tingkat pejabat tinggi.

“Penyelenggaraan KTT AIS Forum ini menjadi bagian penting dari diplomasi kemaritiman Indonesia, dengan didasari oleh Bandung Spirit yang mengedepankan solidaritas, kesetaraan, dan kerja sama yang saling menguntungkan,” ucap dia.

 

Baca Juga: Indonesia, Global South, dan Dukungan untuk Negara Berkembang

2. KTT bisa mendorong kemitraan nyata Global South

7 Kepala Negara Dipastikan Hadir di KTT AIS ForumDirjen Kerja Sama Multilateral Kemlu, Tri Tharyat, pada sesi media briefing Kemlu RI di Ritz-Carlton, Jakarta, Senin (12/9/2022). (IDN Times/Vanny El-Rahman)

Tri menambahkan, KTT AIS Forum ini diharapkan bisa mendorong kemitraan nyata yang inklusif dari Global South, negara-negara yang terletak di sisi selatan Bumi.

“KTT ini kita harapkan menghasilkan Leaders’ Declaration yang sudah dibahas di tingkat pejabat tinggi. Kita mendorong hasil-hasil konkret melalui kerja sama konkret antara Indonesia dan negara-negara kepulauan di berbagai kawasan,” ungkap Tri lagi.

“Beberapa proyek percontohan sudah dilakukan baik di Fiji dan Madagaskar, dan akan dikembangkan dengan negara-negara kepulauan lainnya,” sambungnya.

3. Akan dihadiri PIF dan Melanesia

7 Kepala Negara Dipastikan Hadir di KTT AIS ForumIlustrasi Kementerian Luar Negeri RI. (IDN Times/Sonya Michaella)

KTT AIS Forum ini juga mengundang orum Kepulauan Pasifik (PIF) dan Kelompok Negara Melanesia (MSG). KTT AIS Forum di Bali akan membahas isu-isu global berkaitan dengan kelautan yang mengusung tema, "Membina Kolaborasi, Memajukan Inovasi untuk Laut dan Masa Depan Bersama".

Sebagai tuan rumah, Indonesia mendorong dan fokus pada tiga aspek, yakni pembangunan ekonomi biru, tantangan perubahan iklim, serta mempererat solidaritas antara negara pulau dan kepulauan.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya