TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Otto Mundur Bela Novanto Karena Komitmen Tidak Bela Korupsi?

Pengunduran diri Otto menuai kritikan

IDN Times/Linda Juliawanti

Laporan Akhmad Mustaqim dan Margith Juita Damanik

Jakarta, IDN Times - Otto Hasibuan mengundurkan diri menjadi pengacara tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP Setya Novanto. Apakah alasan pengunduran diri karena komitmen Otto tidak membela kasus korupsi?

"Saya tidak pernah mengatakan tidak membela korupsi, saya juga pernah membela kasus korupsi," kata Otto di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (8/12). 

Otto mengaku beberapa rekannya tidak setuju dirinya menjadi pengacara Novanto. Namun, Otto mengaggap ini sebuah tantangan sebagai seorang advokat.

Antara/Wahyu Putro A

"Selama ini dianggap kalau advokat menangani koruptor yang dituduh koruptor atau dituduh pembunuh, selalu dianggap advokatnya koruptor atau pembunuh. Advokat itu tidak identik dengan kliennya" jelas dia.

"Kalau enggak saya lagi, yang sekarang bisa menegakkan ini adik-adik kami, advokat baru. Itu tidak mungkin bisa menegakkan itu," lanjut Otto. 

Baca juga: Susul Otto Hasibuan, Fredrich Yunadi Tinggalkan Setya Novanto 

Tidak Ada Surat

Namun, Otto tidak tahu-menahu soal beredarnya isu surat Novanto pada Presiden. "Saya tidak pernah melihat surat itu, jadi saya tidak bisa berkomentar tentang itu. Sama sekali saya tidak tahu," kata dia.

Otto juga sempat menyinggung soal perbendaan pendapat antara dirinya sebagai pengacara dan Setya Novanto selaku kliennya. Menurutnya, jika tak ada titik temu dalam perkara ini, maka akan merugikan kedua pihak.

IDN Times/Vanny El Rahman

"Nah, lawyer kan menganggap klien harus yakin betul, begitu kan? Bahwa yang dilakukan itu benar. Kita tidak membela dia supaya dia bebas, tapi hukumnya," tegas dia.

Otto menegaskan dirinya bukan membela Novanto secara personal, melainkan membela kepentingan hukumnya. Kendati, pengacara senior itu tetap memegang prinsip bahwa advokat tidak membuka apa pun rahasia yang diungkapkan kliennya.

"Berkali-kali saya katakan pada masyarakat saya tidak pernah membela Setya Novanto. Saya membela kepentingan hukum Setya Novanto, kepentingan hukumnya yang saya bela, saya pertahankan selama ini," Otto menandaskan.

Baca juga: 5 Alasan Otto Hasibuan Mundur Jadi Pengacara Setya Novanto

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya