TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ketua KPU: Keberhasilan Pemilu 2019 Bukti Membaiknya Demokrasi 

Presiden Jokowi dilantik hari ini

IDN Times/Helmi Shemi

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman, mengatakan keberhasilan Pemilu 2019 dapat menjadi salah satu bukti terus membaiknya catatan demokrasi di Indonesia. 

"Perjalanan Pemilu kita pasca reformasi itu, itu semakin membaik, transparan, kredibel," ujar Arief saat menghadiri acara pelantikan Jokow dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 di Gedung DPR, Minggu (20/10).

Arief menjelaskan, pada tahun 1999, Pemilu yang diselenggarakan masih ada pemantauan dari pihak luar. Namun, Arief mengatakan, dari tahun ke tahun hal itu semakin berkurang. "Itu artinya orang makin percaya Pemilu kita makin kredibel," ujar Arief.

Arief juga mengatakan saat ini banyak pihak luar belajar soal Pemilu dan demokrasi ke Indonesia. "Itu kita rasakan betul pada saat forum-forum internasional," pungkas Arief.

Arief mengatakan tahapan pelantikan ini adalah tahap terakhir dalam rangkaian Pilpres 2019. "Apa pun yang terjadi pada hari ini akan jadi bagian yang akan kami cantumkan di laporan kami di tahapan kegiatan Pemilu ini," kata  Arief.

Baca Juga: Jelang Pelantikan, Jokowi Diingatkan PR Soal Jaminan Ketenagakerjaan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya