TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ujian SIM C Model Baru Serempak Berlaku Nasional Mulai 7 Agustus 2023

Ujian model baru SIM C berupa letter S

Warga saat melalukan melaksanakan ujian pembuatan SIM C model baru di Satpas Daan Mogot, Jakarta Barat. (IDN Times/Amir Faisol)

Jakarta, IDN Times - Korlantas Polri resmi akan menerapkan ujian praktik pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) C dengan model baru berupa letter S secara nasional mulai Senin (7/8/2023). Dengan demikian, model zig-zag dan angka 8 resmi dihapus.

“Nanti hari Senin, kita harapkan dua hari ini masing-masing jajaran sampai ke tingkat Polres bisa menerapkan ujian seperti yang kita lihat pada sore hari ini,” kata Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi, di Satpas Daan Mogot, Jakarta Barat, Jumat (4/8/2023).

Baca Juga: Praktik Ujian SIM Model Zig-Zag dan Angka 8 Resmi Dihapus

Baca Juga: Minta Permudah Praktik Ujian SIM, Kapolri: Jangan Terkesan Mempersulit

1. Ujian praktik model angka 8 terlalu menyulitkan

Korlantas Polri akan memberlakukan uji praktik pembuatan SIM C dengan model baru mulai Senin (7/8/2023). (IDN Times/Amir Faisol)

Firman menjelaskan, Korlantas Polri telah menerima masukan dari masyarakat bahwa ujian dengan metode angka 8 cukup menyulitkan.

Oleh karena itu, Firman mengatakan, pihaknya telah memodifikasinya dengan model baru berupa lintasan ujian yang berupa huruf S.

“Kami menerima masukan dari masyarakat bahwa ujian dengan metode angka 8 dirasa cukup menyulitkan begitu. Nah, kami mencoba mengimprovisasi,” kata dia.

Baca Juga: Bareskrim Polri Ambil Alih 12 Laporan Kasus Rocky Gerung

2. Praktik model baru disesuaikan dengan jalan raya sebenarnya

Korlantas Polri akan memberlakukan uji praktik pembuatan SIM C dengan model baru mulai Senin (7/8/2023). (IDN Times/Amir Faisol)

Firman menjelaskan, ujian praktik SIM C dengan model baru ini telah disesuaikan dengan kondisi yang sebenarnya di jalan raya.

Pada layout ujian SIM C model baru ini terdapat jalan lurus, u-turn, letter S, kemudian dilanjutkan dengan lurus kembali. Setelah itu bereaksi untuk buang ke kiri dan ke kanan.

“Ada jalan lurus, kemudian ada u-turn, lalu membentuk semacam gerakan letter S, baru lurus dan kemudian bereaksi untuk buang ke kiri dan ke kanan. Artinya, kalau sebelumnya kita ini hanya menguji per item sepotong-potong, sekarang ini kita rangkai sedemikian rupa seperti masyarakat kalau berkendara di jalan raya,” kata dia.

Model baru ujian SIM C ini, kata dia, turut memasukkan sisi edukasi dan pengetahuan serta keterampilan pengemudi saat mengemudi kendaraannya.

“Seberapa jauh masyarakat memahami perilaku yang harus dituntut di jalan, yang kedua juga bagaimana menguasai kendaraannya,” kata dia.

Baca Juga: Solusi Telat Perpanjang SIM? Ini yang Harus Dilakukan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya