TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hari Ini Arab Saudi Cabut Jam Malam dan Buka Kembali Kegiatan Ekonomi

Pelarangan penerbangan internasional masih diberlakukan ya!

Umat Muslim melaksanakan salat Jumat di Masjid Nabawi saat pandemik COVID-19 di Madina, Arab Saudi, pada 5 Mei 2020. ANTARA FOTO/Saudi Press Agency/Handout via REUTERS

Jakarta, IDN Times - Peraturan jam malam seluruh wilayah Arab Saudi dicabut. Saudi membuka kembali kegiatan ekonomi dan perkantoran mulai hari ini, Minggu (21/6).

"Mulai tanggal Syawal (21 Juni 2020), dimulai kehidupan normal mulai jam 06.00 pagi. Dan dibolehkan kegiatan ekonomi dan kegiatan perkantoran," kata Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali saat dikonfirmasi IDN Times, Minggu (21/6).

Endang mengatakan, meski begitu masyarakat tetap harus mengikuti ketentuan dan tetap menjaga Protokol kesehatan dan social distancing.

Baca Juga: 60 WNI Meninggal di Luar RI karena COVID-19, Terbanyak di Arab Saudi

1. Pelarangan umrah dan ziarah masih berlaku

Suasana di Mekah saat pandemik COVID-19 masih berlangsung pada bulan Ramadan, di Mesjid Agung di Mekah, Arab Saudi, pada 19 Mei 2020. ANTARA FOTO/Saudi Press Agency/Handout via REUTERS

Meski demikian, Arab Saudi masih memberlakukan pelarangan atau suspend umrah maupun ziarah. Pihak Arab Saudi masih akan melakukan evaluasi terkait hal itu sesuai ketentuan kesehatan.

Bahkan, menurut dia, apabila peraturan tersebut dilanggar maka akan ada sanksi yang diberikan.

2. Pelarangan penerbangan internasional masih berlaku

Seorang pria memasuki gerbang sterilisasi mandiri di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, pada 7 Mei 2020. ANTARA FOTO/Saudi Press Agency/Handout via REUTERS

Tak hanya itu, pelarangan penerbangan internasional dan ditutupnya perbatasan baik darat maupun laut masih tetap diberlakukan.

"Diberlakukan sanksi bagi yang melanggar ketentuan di atas," ujarnya.

Adapun, Arab Saudi telah menutup penerbangan internasional dan hanya melakukan penerbangan domestik, hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan.

Baca Juga: Mulai 21 Juni, Jam Malam di Arab Saudi Dipersingkat Kecuali di Makkah

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya