TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Effendi Gazali: Seberapa Yakin Anda Dengan Hasil Lembaga Survei?

Hasil survei bisa jadi penentu pemenang pilpres 2019

IDN Times/Margith Damanik

Jakarta, IDN Times - Pengamat Politik dan Pakar Komunikasi, Effendi Gazali, membahas soal lembaga survei yang sering menampilkan hasil survei pemilihan presiden (pilpres) 2019. Hal yang paling disorot oleh Effendi adalah seberapa yakin seseorang terhadap lembaga-lembaga survei yang membiayai surveinya secara mandiri.

"Berapa dari anda di studio ini percaya lembaga-lembaga survei kita sedang membiayai sendiri setiap kali melakukan survei? Ada yang percaya di studio ini?" ujarnya dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) bertema "El Clasico Jokowi VS Prabowo: Siapa Pemenangnya?", Selasa (9/4) malam.

Baca Juga: Cek Fakta: Lembaga Survei Amerika Sebut Prabowo Menang Pilpres 2019

1. Masyarakat dinilai tertipu dengan hasil lembaga survei

Effendi Gazali @tvone

Dalam kesempatan itu, Effendi menilai tidak sedikit masyarakat yang tertipu atas hasil survei yang ditampilkan oleh berbagai macam lembaga survei tersebut.

"Jadi begini. Apa yang kamu tipu, aku pun tipu kamu. Artinya, tidak sedikit publik merasa lembaga survei memang engkau menipu aku, maka ketika dikau menanyakan kepadaku. Aku pun menipu kamu," jelasnya.

2. Hasil survei bisa menjadi penentu pemenang pilpres 2019

ANTARA FOTO/Setneg-Agus Suparto

Meski begitu, Effendi mengaku, hasil survei dari lembaga-lembaga tersebut dapat dijadikan penentu pemenang pilpres 2019. Akan tetapi dengan catatan, jika survei tersebut berjalan sebagaimana mestinya.

"Dengan jumlah survei yang besar menyatakan pasangan 01 yang akan menang. Dan sangat sedikit, seperti terkesan tidak terkenal lembaga yang menyatakan 02 menang. Kalau semua normal-normal saja, ya 01 yang menang," jelasnya.

Baca Juga: Jokowi atau Prabowo, Begini Hasil 3 Lembaga Survei

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya