Cek Fakta: Lembaga Survei Amerika Sebut Prabowo Menang Pilpres 2019

Benarkah ada lembaga survei Precision Public Policy Polling?

Jakarta, IDN Times - Sejumlah media massa di Indonesia memberitakan soal hasil survei yang dilakukan sebuah lembaga asal Amerika, "Precision Public Policy Polling".

Dari rilis yang diterima oleh awak media pada Senin (8/4) kemarin, dijelaskan bahwa Director of Operations of Precision Public Policy Polling (PPPP) Amerika bernama Jokovic Martinez, memaparkan hasil surveinya terkait Pilpres 2019, 17 April mendatang.

Baca Juga: PDIP Yakin Jokowi-Ma'ruf Menang Telak di NTT

1. PPPP mengklaim Prabowo Subianto menang pilpres 2019

Cek Fakta: Lembaga Survei Amerika Sebut Prabowo Menang Pilpres 2019ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Dalam rilis itu disebutkan, Jokovic mengatakan dari hasil survei lembaganya itu, disimpulkan masyarakat Indonesia sudah tidak percaya dengan kebohongan calon presiden (capres) nomor urut 01 Joko 'Jokowi'  Widodo.

“Dari 3.032 responden, sebanyak 58 persen menyatakan bahwa Indonesia sedang dikelola oleh Pemerintahan Joko Widodo memburuk. Indonesia dianggap dalam ancaman utang yang makin meningkat 69 persen menjadi Rp4.416 triliun pada 2014-2018,” ujarnya.

Selain itu, 54 persen responden disebut menginginkan presiden baru dan yang masih menginginkan Jokowi kembali jadi presiden hanya 37 persen, dan 9 persen responden tidak memberikan jawaban.

Saat nama Jokowi dan Prabowo Subianto ditanyakan kepada 3.032 responden untuk dipilih sebagai presiden, yang jika pemilihan presiden digelar hari ini, hasilnya sebanyak 38 persen memilih nama Jokowi. Sementara yang memilih nama Prabowo sebanyak 40  persen.

Dalam rilis itu juga dijelaskan bahwa survei dilakukan kepada warga negara Indonesia yang memiliki hak pilih di Pemilu 2019, dan juga untuk distribusi media umum. Wawancara lengkap dilakukan pada 22 Maret- 4 April 2019, dengan jumlah responden 3.032 dari 800.091 TPS di 499 kabupaten/kota di 349 provinsi. Padahal provinsi di Indonesia hanya ada 34.

Wawancara juga diklaim dilakukan secara acak dan dilakukan melalui telepon menggunakan profesional- staf peneliti survei terlatih (agen langsung) dari pusat panggilan telepon Precision Public Policy Polling di Jakarta.

Lantas, benarkah ada survei ini? Benarkah ada lembaga survei bernama Precision Public Policy Polling (PPPP)? 

2. Nama lembaga survei tidak ditemukan

Cek Fakta: Lembaga Survei Amerika Sebut Prabowo Menang Pilpres 2019IDN Times/Axel Jo Harianja

Dari penelusuran IDN Times melalui mesin penelusuran Google, nama lembaga survei "Precision Public Policy Polling" itu tidak ditemukan. Nama alamat website yang mungkin saja berkaitan dengan nama lembaga tersebut pun tidak terdeteksi.

Justru, yang muncul adalah  lembaga bernama "Public Policy Polling" yang merupakan lembaga survei  bermarkas di Carolina Utara. Lembaga ini memiliki alamat situs di publicpolicypolling.com.

3. Nama Jokovic Martinez tidak ditemukan

Cek Fakta: Lembaga Survei Amerika Sebut Prabowo Menang Pilpres 2019IDN Times/Axel Jo Harianja

Tak itu saja, Jokovic Martinez yang disebut Director of Operations of Precision Public Policy Polling (PPPP) Amerika, tidak dapat ditemukan melalui Google. Pencarian melalui IntelTechniques, PeopleFindThor dan laman Facebook  sekalipun tidak menemukan nama tersebut.

Jadi nama lembaga surveinya saja tidak terdeteksi, bagaimana mungkin ada hasil surveinya.

Baca Juga: Polisi Tangkap Penyebar Video Hoaks Server KPU Menangkan Jokowi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya