TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kasus Suap Benur, KPK Sita Vila dan 2 Hektare Tanah Milik Edhy Prabowo

Vila itu diduga dibeli Edhy Prabowo pakai uang suap

KPK sita villa dan 2 hektar tanah milik eks Menteri KKP Edhy Prabowo (Dok. Humas KPK)

Jakarta, IDN Times - Plt Jubir Bidang Penindakan KPK Ali Fikri mengatakan pihaknya hari ini menyita satu vila di kawasan Sukabumi, Jawa Barat. Penyitaan ini terkait kasus suap ekspor benih lobster atau benur, yang menjerat eks Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo.

"Penyidik KPK hari ini sekitar pukul 18.00 WIB, melakukan penyitaan terhadap satu unit vila berikut tanah seluas kurang lebih 2 hektare," ujar Ali saat dikonfirmasi, Kamis (18/2/2021).

Baca Juga: Tanggapi Hukuman Mati Edhy Prabowo, Gerindra: Melampaui Batas! 

1. Vila diduga dibeli Edhy Prabowo pakai uang suap

KPK sita villa dan 2 hektar tanah milik eks Menteri KKP Edhy Prabowo (Dok. Humas KPK)

Ali mengatakan vila dan tanah itu berada di Desa Cijengkol, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Penyidik KPK langsung memasang plang penyitaan di lokasi.

"Diduga vila tersebut milik tersangka EP (Edhy Prabowo) yang dibeli dengan uang yang terkumpul dari para eksportir, yang mendapatkan izin pengiriman benih lobster di KKP," katanya.

2. Edhy Prabowo dan enam orang lainnya jadi tersangka

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menjalani pemeriksaan lanjutan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (3/2/2021) (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Sebelumnya, KPK telah menetapkan Edhy Prabowo jadi tersangka penerima suap. Kemudian, Staf Khusus Edhy sekaligus Wakil Ketua Pelaksana Tim Uji Tuntas Safri dan Staf Khusus Edhy sekaligus Ketua Pelaksana Tim Uji Tuntas Andreau Pribadi Misata.

Selanjutnya, Sekretaris Pribadi Edhy, Amiril Mukminin, pengurus PT Aero Citra Kargo (ACK) Siswadi dan staf istri Edhy, Ainul Faqih. Sedangkan sebagai tersangka pemberi suap ialah Direktur PT Dua Putra Perkasa Pratama (DPPP) Suharjito.

Baca Juga: Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Prabowo Subianto Tak Muncul di Istana

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya