TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

KPK: Ada 621 Laporan Masyarakat Terkait Penyaluran Bansos COVID-19

Sebanyak 224 laporan selesai ditindaklanjuti pemda terkait

Penyaluran bansos ditargetkan selesai 15 Juli (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Jakarta, IDN Times - Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ipi Maryati Kuding mengatakan, hingga 3 Juli 2020, pihaknya menerima ratusan laporan masyarakat terkait penyaluran bantuan sosial (bansos) terdampak virus corona atau COVID-19. Keluhan itu diadukan lewat aplikasi Jaringan Pencegahan Korupsi (Jaga).

"Jaga Bansos menerima total 621 keluhan terkait penyaluran bansos. Keluhan yang paling banyak disampaikan adalah pelapor tidak menerima bantuan, padahal sudah mendaftar, yaitu 268 laporan," kata Ipi dalam keterangan tertulis, Senin (6/7/2020).

Baca Juga: Masyarakat Suku Baduy Tolak Bansos Tunai COVID-19 dari Pemerintah 

1. Ada enam topik keluhan lainnya yang juga diadukan pelapor

Plt Juru Bicara Bidang Pencegahan KKPK Ipi Maryati (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Ipi menyebutkan ada enam topik lain yang juga diadukan para pelapor. Di antaranya, bantuan yang tidak tidak dibagikan aparat kepada penerima bantuan sebanyak 66 laporan.

Selanjutnya, bantuan dana yang diterima jumlahnya kurang dari yang seharusnya sebanyak 47 laporan, nama di daftar bantuan tidak ada (penerima fiktif) berjumlah 31 laporan, mendapatkan bantuan lebih dari satu berjumlah tujuh laporan, dan bantuan yang diterima kualitasnya buruk enam laporan.

"Seharusnya tidak menerima bantuan, tetapi menerima bantuan lima laporan, dan beragam topik lainnya, total 191 laporan," ungkap dia.

2. Laporan ditujukan kepada 205 pemerintah daerah

Ilustrasi antrian pencairan BST Kemensos. IDN Times/Humas Pemkab Bantul

Ipi mengatakan, laporan tersebut ditujukan kepada 205 pemerintah daerah (pemda) terdiri dari 14 pemerintah provinsi dan 191 pemerintah kabupaten/kota.

"Sedangkan instansi yang paling banyak menerima keluhan adalah Pemkot Surabaya sebanyak 24 laporan, Pemprov Jawa Barat berjumlah 17 laporan, diikuti oleh Pemkab Tangerang, Pemkab Bogor dan Pemkab Subang masing-masing 16 laporan," ujar dia.

Baca Juga: Bansos untuk Warga DKI akan Dibagikan Sebulan Sekali Mulai Bulan Juli

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya