TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Terpapar COVID-19, Novel Baswedan: Saya Merasa Sehat dan Tanpa Gejala

Semoga cepat sembuh ya Pak Novel!

Novel Baswedan (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Jakarta, IDN Times - Penyidik Senior KPK, Novel Baswedan, dinyatakan terpapar virus corona atau COVID-19. Novel pun mengamini jika dia positif terjangkit virus asal Wuhan, Tiongkok tersebut.

"Kemarin dilakukan tes swab terhadap seluruh penyidik KPK, karena ada penyidik yang positif. Hari ini saya dapat kabar bahwa hasil swab saya positif, sedangkan saya merasa sehat dan tanpa gejala. Insyaallah saya akan melakukan isolasi mandiri. Mohon doa," cuit Novel lewat akun Twitternya, @nazaqistsha, Jumat (28/8/2020).

Baca Juga: Novel Baswedan Dinyatakan Positif COVID-19 Sesuai Hasil Tes Swab

1. KPK juga membenarkan Novel terpapar COVID-19

Plt jubir KPK, Ali Fikri (IDN Times/Santi Dewi)

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri, turut membenarkan jika Novel dinyatakan positif terpapar COVID-19.

"Benar. Informasi yang kami terima, (Novel Baswedan) merupakan salah satu penyidik yang berdasarkan test swab diketahui positif corona," kata Ali saat dikonfirmasi di Jakarta, hari ini.

Ali mengatakan, terhadap beberapa pegawai yang terpapar COVID-19, sudah dilakukan langkah-langkah mitigasi dengan isolasi mandiri.

"KPK juga telah berkoordinasi dan bekerja sama dengan layanan medis terdekat dari tempat tinggal pegawai untuk dilakukan pemantauan lebih lanjut dalam proses pemulihannya," ucap Ali.

2. Ada 14 orang di lingkungan KPK terpapar COVID-19

Personel Satgas Mobile COVID-19 memeriksa kondisi pasien diduga terjangkit virus Corona (COVID-19) di ruang isolasi Rumah Sakit Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu (11/3). ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Sebelumnya, berdasarkan swab test yang dilakukan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Kemenkes, ditemukan belasan orang di lingkungan lembaga anti rasuah terpapar COVID-19.

"Ada sembilan pegawai dari beberapa unit direktorat di KPK, empat orang nonpegawai/OS dan satu orang tahanan dinyatakan positif terpapar COVID-19," ujar Ali, Kamis 27 Agustus 2020.

Ali menjelaskan, saat ini telah dilakukan isolasi mandiri dan tindakan medis lanjutan bekerja sama dengan Puskesmas sekitar kediaman para pegawai yang terpapar.

"Untuk proses pemulihan terhadap para pegawai tersebut. Sedangkan untuk tahanan, telah dilakukan isolasi dan perawatan di RS Polri," ucap Ali.

Baca Juga: KPK Tes Swab Seluruh Pegawai Usai 7 Orang Dinyatakan Positif 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya