TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Viral Emak-emak Potong Bendera Merah Putih, Polisi Turun Tangan

Polisi sudah memeriksa tiga orang pihak terlapor

Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Argo Yuwono (Dok. Humas Polri)

Jakarta, IDN Times - Media sosial dihebohkan dengan sebuah video yang menampilkan seorang emak-emak tengah memotong Bendera Merah Putih.

Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan, peristiwa itu terjadi di kawasan Sumedang, Jawa Barat. Video itu juga sudah viral sejak Selasa, 15 September 2020.

"Ada laporan yang masuk ke Polres Sumedang, yaitu ada pelapor yang melaporkan kejadian tersebut," kata Argo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (16/9/2020).

Baca Juga: Viral, Emak-emak Gunting Bendera Merah Putih Sambil Tertawa 

1. Polisi sudah periksa tiga orang terlapor

Viral, seorang Ibu menggunting bendera merah putih (Facebook.com/Yuni Rusmini)

Peristiwa ini dilaporkan ke Polres Sumedang, Selasa 15 September 2020. Argo mengatakan, penyidik sampai saat ini sudah memeriksa tiga orang pihak terlapor.

"Ada tiga terlapor untuk kasus ini, pertama inisial PO, inisial AM, ketiga inisial DYH," ucap Argo.

2. Jika terbukti bersalah, terduga pelaku bisa dipenjara 5 tahun

Ilustrasi Penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Argo menuturkan, dalam kasus ini, pihaknya menyita barang bukti berupa satu buah gunting warna hitam, potongan Bendera Merah Putih, dan satu buah handphone.

"Pasal yang disangkakan yaitu Pasal 66 jo Pasal 24 huruf a Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2009, tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara," tuturnya.

Dari penelusuran IDN Times, Pasal 66 berbunyi "Setiap orang yang merusak, merobek, menginjak-injak, membakar, atau melakukan perbuatan lain dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Bendera Negara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 huruf a, dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp500 juta".

Baca Juga: Viral, Sejumlah Perempuan Injak-Injak Bendera Merah Putih Demi TikTok

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya