TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Eijkman: Vaksin Merah Putih Siap Uji Klinis Awal 2022

Pertengahan 2022 semoga dapat izin darurat

Kepala Eijkman Amin Soebandrio paparkan kemajuan Vaksin Merah Putih di Rapat Komisi VII DPR. (youtube.com/Komisi VII DPR RI Channel)

Jakarta, IDN Times - Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Amin Soebandrio mengungkapkan uji klinis vaksin merah putih yang dikembangkan Eijkman dilakukan paling lambat awal tahun 2022.

"Diharapkan pada akhir tahun atau paling lambat awal tahun 2022, uji klinis sudah bisa dimulai," kata Amin dalam rapat dengar pendapat (RDP) Komisi VII DPR dengan Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19 dipantau virtual, Rabu (16/6/2021).

Baca Juga: Kabar Terbaru! Vaksin Merah Putih Akan Digunakan Pertengahan 2022

1. Izin darurat didapatkan setelah delapan bulan uji klinis

IDN Times/Helmi Shemi

Amin menambahkan setelah delapan bulan dilakukan uji klinis maka akan mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) Vaksin Merah Putih. Pihaknya memastikan, Lembaga Eijkman akan mengawal uji klinis.

"Intinya bahwa Lembaga Eijkman dengan industri sudah bekerja sama dengan erat dan prosesnya bukan berarti Lembaga Eijkman menyerahkan bibit vaksin kemudian selesai, tetapi akan terus mengawal bahkan sampai seterusnya," ujar Amin.

2. Vaksin merah putih masih proses transisi industri

Ilustrasi Lembaga Eijkman (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Amin menerangkan saat ini vaksin merah putih masih dalam proses transisi dari proses penelitian dan pengembangan dengan industri yang menggandeng PT Bio Farma.

"Jadi, prosesnya saat ini sedang dalam transisi, artinya apa yang dikerjakan di laboratorium, itu akan diterjemahkan di industri," ujar dia. 

Baca Juga: Mutasi COVID-19 Turunkan Efikasi, Eijkman: Vaksin Tetap Melindungi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya