TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gawat! RS Bhina Bhakti Rembang Krisis Oksigen 

Stok Oksigen hanya akan bertahan untuk 4 hari

Ilustrasi tabung oksigen medis (ANTARA FOTO/Novrian Arbi).

Jakarta, IDN Times - Lonjakan kasus COVID-19 membuat sejumlah pasokan oksigen di rumah sakit habis. Seperti yang terjadi di Rumah Sakit Bhina Bhakti Husada, Rembang, Jawa Tengah. Stok oksigen di sana telah menipis sejak Kamis (15/7/2021) subuh.

"Kami atas nama RS Bhina Bhakti Husada Rembang butuh bantuan oksigen, Pak. Oksigen tinggal untuk 3-4 hari ke depan, stok di mana-mana habis. Kami satu-satunya RS resmi pembantu RSUD dalam penanganan Covid-19 di Rembang, Pak. Tolong kami,” tulis perwakilan Komisaris PT Bhina Raharja Husada yang menaungi RS Bhina Bhakti Husada Rembang, Novita, di akun Twitternya.

Dalam unggahan tersebut ia turut me-mention akun Twitter Gubernur Jawa Tengah Gandjar Pranowo.

Baca Juga: Kunjungi Samator, Jokowi Pastikan Pasokan Oksigen Medis Terpenuhi

1. Keadaan sempat kritis

Ilustrasi tabung oksigen medis. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi).

Direktur Utama RS Bhina Bhakti Husada, Bobet Evih Hedi, membenarkan bahwa rumah sakit dalam keadaan kritis karena akan kehabisan Oksigen. Padahal di rumah sakit tersebut merawat 70 pasien COVID-19 yang membutuhkan oksigen.

"Sempat kritis kemarin, tapi pagi tadi kita kedatangan 2000 liter. Kemarin kita kritis keadaannya," ujarnya saat dihubungi IDN Times, Jumat (16/7/2021).

2. Stok oksigen tinggal untuk 4 sampai 5 hari

Tenaga kesehatan membantu seorang pasien COVID-19 usai pelaksanaan shalat Idul Fitri di halaman Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (13/5/2021). ANTARA FOTO/Moch Asim

Meski demikian Bobet mengatakan stok oksigen yang dikirim hanya akan bertahan selama 4 sampai 5 hari ke depan.

"Kami laporkan stok setiap hari dengan mengisi form atau aplikasi JOSS untuk kebutuhan oksigen. Namun, saat ini memang belum ada jaminan untuk pasokan oksigen dari pemerintah," imbuhnya.

Baca Juga: Menkes: Kebutuhan Oksigen Pasien COVID-19 per Hari Hampir 2 Ribu Ton

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya